Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Merespon situasi atas semakin menyebarnya Coronavirus atau Covid-19 di Indonesia, Yayasan Hadji Kalla mulai menginisiasi untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di masjid-masjid yang ada di Kota Makassar. Dimulai dengan salah satu masjid terbesar yang ada di Makassar, yakni Masjid Al-Markaz al Islami, tim Yayasan Hadji Kalla bersama dengan 12 anggota Relawan Kalla Sektor Athirah Baruga memulai penyemprotan pada sabtu pagi 21 maret 2020 dan akan terus berlanjut ke masjid-masjid pinggir kota dengan potensi warga yang singgah untuk beribadah. Tentu hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap semakin merebaknya virus Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia.

Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla, Abdul Hakim mengungkapkan bahwa langkah ini diambil agar bisa meminimalkan resiko terpaparnya tempat-tempat umum seperti masjid dari virus, terutama yang sekarang menjadi wabah di Indonesia dan dunia, yakni Covid-19.

“Jadi apa yang kita dan teman-teman dari Relawan Kalla lakukan hari ini adalah sebagai langkah antisipasi dari penyebaran virus ini. Kita semua tau bahwa masjid adalah tempat umum dengan resiko paparan yang sangat besar karena banyak warga yang keluar masuk, dan tentunya kita juga tidak tau apa mereka-mereka yang datang itu bebas dari virus atau tidak. Jadi inilah usaha yang sama-sama kita lakukan untuk meminimalkan resiko tersebut”, jelas Abdul Hakim.

Sementara itu, Abdul Rahman, salah seorang pengurus Masjid Al Markaz berpendapat bahwa dengan langkah cepat yang diambil oleh Yayasan Hadji Kalla ini, bisa membuat jamaah merasa lebih tenang ketika datang untuk beribadah.

“Apa yang dilakukan Yayasan Hadji Kalla hari ini tentu sangat membawa manfaat bagi kami dan Masjid Al Markaz ini, semoga dengan adanya kiat penyemprotan ini, maka jamaah bisa semakin merasa tenang tiap kali beribadah di sini. Saya mengucapkan terima kasih mewakili pengurus kepada Yayasan Hadji Kalla atas aksinya hari ini, semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT,.”, tandasnya.

Mustakim, salah seorang jamaah di Masjid Al-Markaz berpendapat bahwa dengan adanya kiat penyemprotan yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla, maka ia secara pribadi merasa lebih tenang, apalagi Ia bersama sang anak memang rutin untuk datang sholat berjamaah di Masjid Al-Markaz.

“Yayasan Hadji Kalla hari ini melakukan penyemprotan cairan di sini, bisa membuat saya sebagai warga yang rutin datang ke sini bersama anak saya merasa lebih tenang, semoga musibah ini bisa kita lewati bersama dan semoga kita tetap dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Untuk Yayasan Hadji Kalla, terima kasih karena telah memberikan perhatian besar kepada kami para jamaah lewat penyemprotan disinfektan yang dilakukan hari ini”, jelasnya.

Jumadi, selaku koordinator tim penyemprotan disinfektan Yayasan Hadji Kalla menyatakan bahwa ia dan timnya akan terus melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan ini selama beberapa minggu ke depan dan akan berusaha menjangkau wilayah-wilayah padat penduduk di mana warganya masih tetap datang untuk berjamaan di masjid. 

Rencananya, Yayasan Hadji Kalla akan terus melakukan aksi penyemprotan disinfektan ini di berbagai wilayah di Kota Makassar dan sekitarnya dengan harapan bisa meminimalkan resiko paparan virus di tempat-tempat umum seperti masjid.

(Bur)