Yayasanhadjikalla.co.id; Kendari – Yayasan Hadji Kalla mendapat penghargaan dari PMI Kota Kendari sebagai perusahaan dengan kepedulian terhadap isu kemanusiaan lewat program donor darah yang dilakukan di Kantor Cabang Hadji Kalla Toyota Kendari, Kamis (2/9/2021). Donor Darah yang berlangsung di Kantor Cabang Hadji Kalla Toyota Kendari memfasilitasi warga, karyawan, pegawai dan umum yang berdomisili atau bertugas di Kota Kendari untuk melakukan donor darah yang difasilitasi oleh PMI Kota Kendari dan Kantor Cabang Hadji Kalla Toyota Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 September 2021 mulai pukul 08.30 – 15.00 WITA.

Karyawan internal Hadji Kalla Toyota Kendari juga ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini. Program donor darah ini diharapkan bisa membantu pihak PMI menjaga ketersediaan stok darah di Kota Kendari. Sebanyak 68 kantong darah yang berhasil dikumpulkan selama sehari penuh. UTD PMI Kota Palopo sendiri menugaskan sebanyak 6 orang tenaga medisnya untuk bekerja mengumpulkan kantong darah. Kebutuhan darah harian PMI di Kendari mencapai 15-20 kantong untuk memenuhi kebutuhan beberapa Rumah Sakit di Kota Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat oleh tim PMI Kota Kendari.

Kodim Kota Kendari mengirimkan sekitar 30 anggotanya untuk donor darah, adapula karyawan Toyota Cabang Kendari, serta kantor-kantor cabang perusahaan Kalla Group yang ada di Kota Kendari seperti BJU, BSU, KIK dan beberapa mitra layanan perkreditan, serta bank yang karyawannya ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Donor darah yang kiranya dimulai pada pukul 08.30 pagi terpantau padat, pendonor telah datang dan mengantri sebelum waktu pelaksanaan dimulai oleh tim PMI. Kegiatan ini didominasi oleh TNI dari Kodim Kendari dan Karyawan bengkel Kalla Toyota Kendari. Proses donor darah berlangsung samapai pukul 15.00. Total kantong darah yang terkumpul adalah sebanyak 68 kantong

Kepala Cabang Hadji Kalla Toyota Kendari, Gunawan Supyan menyambut baik kegiatan donor darah dari Yayasan Hadji Kalla. “Saya menyambut baik pelaksanaan donor darah ini, karena dapat membantu PMI dalam menyediakan stok darah yang dibutuhkan oleh warga, sekaligus dapat meningkatkan citra perusahaan terutama kantor cabang dalam hal kepedulian terhadap isu-isu kemanusiaan.” Ujarnya.

Sementara itu, pihak PMI Kendari berharap ada kerjasama yang dapat terus dilakukan bersama dengan Yayasan Hadji Kalla, di tempat lain di Sultra guna bisa menjangkau banyak pendonor lain di berbagai wilayah di Sulawesi Tenggara.

Salah seorang pendonor yang merupakan karyawan bengkel menyampaikan bahwa kegiatan saat itu bisa memberikan kemudahan kepada Ia dan teman-temannya untuk ikut berdonor karena prosesnya dilakukan langsung di lokasi kerja oleh tim PMI.

Dalam kegiatan ini, Yayasan Hadji Kalla mendapatkan penghargaan dari PMI Kendari sebagai perusahaan dengan kepedulian sosial atas kegiatan donor darah yang diinisiasi di tengah pandemi covid-19. Diharapkan dengan diberikannya penghargaan tersebut, maka akan semakin banyak perusahaan lain di sektor korporasi yang sadar akan pentingnya keterlibatan dalam program donor darah bersama PMI.

(Hkm/Br)