Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla melakukan pertemuan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan membahas program kesehatan tahun 2020, senin, 3 Februari 2019 di Kantor Dinkes Provinsi Sulsel, jalan Perintis Kemerdekaan No.128, Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar. Pertemuan dihadiri oleh Kasi Kesehatan Masyarakat dan jajaran Staf Bidang Kesmas dan Staf Promkes Dinas Kesehatan Provinis Sulawesi Selatan.

Adapun hal yang dibahas antara lain, Konsep Germas, di mana seluruh masyarakat diharapkan bisa aktif dalam melakukan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit. Beberapa aktivitasnya antara lain: kegiatan senam, pemeriksaan fisik, deteksi dini secara berkala, gerakan makan buah dan sayur, kampanye kawansan tanpa asap rokok.

Follow up yang dilakukan setelah kegiatan pemeriksaan/deteksi dini adalah konseling untuk meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat. Jika ada yang butuh pengobatan, maka bisa direkomendasikan ke puskesmas.
Selanjutnya adalah otput Kerjasama Dinas Kesehatan dengan dunia usaha salah satunya adalah Posbindu (Pos Binaan Terpadu), tempat di mana warga dapat menjadikan posbindu sebagai pusat kegiatan komunikasi dan kampanye hidup sehat, sementara puskesmas berfungsi sebagai pusat penangan kesehatan yang sifatnya kuratif/pengobatan.

Kegiatan lain dari Yayasan Hadji Kalla yang berupa senam jantung sehat juga dapat dikombinasikan dengan kegiatan gernas dengan membuat penyuluhan, dan deteksi dini serta promosi kesehatan di lokasi-lokasi/kelurahan yang menjadi target program YHK.

Untuk mencapai target program tersebut maka Yayasan Hadji Kalla akan aktif melakukan koordinasi dengan dinas terkait kemudian melakukan FGD bersama dengan Dinkes Kota Makassar dan Dinkes Sulsel membahas teknis pelaksanaan program, kemudian dilanjutkan dengan pendataan warga penderita penyakit jantung dan diabetes di level kelurahan dilakukan oleh Puskesmas target sasaran program.

Yayasan Hadji Kalla menargetkan 50 kelurahan menjadi wilayah program selama tahun 2020.

(Boer/Hakim)