Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Menyikapi situasi semakin menyebarnya Virus Covid-19 di Indonesia, Yayasan Hadji Kalla terus melakukan aksi penyemprotan cairan desinfektan di masjid-masjid yang ada di Kota Makassar, pada Selasa 24 Maret 2020 kemarin. Penyemprotan dilakukan di beberapa lokasi berbeda yang ada di Kota Makassar, dimulai dari Wilayah Karuwisi, Jalan Maccini Raya hingga di Kompleks Perumahan Bosowa Bumi Permai di Jalan Minasa Upa, Makassar. Lokasi ini dipilih menurut laporan warga yang sebelumnya telah menyampaikan kepada tim Yayasan Hadji Kalla agar wilayah mereka bisa disemprot disinfektan, hal ini juga melihat bahwa wilayah tersebut merupakan wilayah padat penduduk dan tempat singgah bagi warga yang melintas untuk beribadah di masjid-masjid yang ada di pinggir jalan raya.

Penyemprotan cairan disinfektan menyasar bangunan ibadah seperti masjid dan sekolah, di mana tempat-tempat tersebut punya potensi terpapar virus karena warga yang keluar dan masuk tanpa bisa teridentifikasi apakah bersih dari paparan virus. Penyemprotan dilakukan oleh lima orang tim dari Yayasan Hadji Kalla dan disaksikan oleh aparat dan warga setempat. Tim Yayasan Hadji Kalla secara detail menyisir tempat-tempat yang sekiranya disinyalir bisa menjadi tempat terpapar virus, mulai dari pintu dan jendela masjid, lantai, pagar hingga jalanan yang ada di sekitar masjid. 

Zainal Arifin, yang merupakan ketua RW di Lorong 5, Jalan Karuwisi menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh tim Yayasan Hadji Kalla sangat membantu warganya untuk bisa tetap tenang di tengah situasi semakin terbatasnya aktivitas warga akibat penyebaran virus covid-19. Dengan dilakukannya penyemprotan di wilayah mereka, maka warga bisa menjadi tenang, Ia pun berterima kasih kepada tim Yayasan Hadji Kalla yang telah merespon cepat dan datang ke wilayah mereka untuk melakukan penyemprotan.

“Hari ini wilayah kami didatangi oleh tim dari Yayasan Hadji Kalla, tentu ini sangat membantu saya sebagai ketua RW di wilayah ini dalam memberikan rasa aman dan tenang bagi warga karena dalam kurun waktu beberapa hari ini warga cemas akan penyebaran virus corona. Penyemprotan ini diharapkan bisa meminimalkan resiko penyebaran di wilayah kami. Saya selaku ketua RW di wilayah lorong 5 ini mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih kepada tim dari Yayasan Hadji Kalla karena telah melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah kami ini, sekali lagi terima kasih banyak.”, jelas Zainal Arifin.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan oleh H. Marakarma, Imam Masjid Bani Adam, Perumahan Bumi Bosowa Permai. Ia mengatakan bahwa penyemprotan yang dilakukan oleh tim Yayasan Hadji Kalla bisa membuat warga lebih tenang dan merasa aman saat datang ke masjid untuk beribadah. Menurutnya, walaupun sudah ada himbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah, namun masih ada beberapa jamaah di masjidnya yang tetap datang untuk sholat berjamaah.

“Di masjid kita ini tetap ada yang datang untuk sholat berjamaah, walaupun pemerintah sudah menghimabu untuk tetap di rumah. Tentu saya sebagai imam masjid di sini pun merasa khawatir, tapi hari ini Yayasan Hadji Kalla datang ke Masjid Bani Adam dan melakukan penyemprotan disinfektan, hal ini tentu membawa ketenangan bagi para jamaah saat datang untuk berjamaah di masjid ini. Terima kasih Yayasan Hadji Kalla”, tandasnya.

Muhammad Jumadi, selaku koordinator tim penyemprotan disinfektan Yayasan Hadji Kalla menyatakan bahwa aksi penyemprotan ini akan terus di lakukan oleh tim selama masa tanggap darurat di minggu-minggu berikutnya dan akan dilakukan untuk bisa menjangkau berbagai wilayah di Kota Makassar dan sekitarnya, terutama untuk wilayah padat penduduk.

“Jadi kita akan terus melakukan aksi penyemprotan disinfektan ini. Tentu ini adalah bukti keseriusan kami dalam ikut serta memerangi penyebaran Covid-19 di wilayah Makassar dan sekitarnya, kami akan selalu ada di garis terdepan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga. Kita akan terus menjangkau berbagai wilayah di Kota Makassar dan sekitarnya terutama di wilayah padat penduduk”, jelas Program Officer Bidang Kemanusiaan Yayasan Hadji Kalla tersebut.

Penyemprotan memakan waktu hingga tiga jam di setiap wilayah, hal tersebut untuk memastikan bahwa tim dari Yayasan Hadji Kalla telah benar-benar menjangkau berbagai sudut yang kiranya berpotensi terpapar virus.

Sebelumnya, tim dari Yayasan Hadji Kalla telah melakukan penyemprotan di Masjid Al-Markaz al Islami, Makassar bersama dengan tim Relawan Kalla sektor Athirah Baruga pada Sabtu 21 Maret yang lalu, lalu kemudian melanjutkan penyemprotan di Kantor PT. Hadji Kalla Toyota cabang Gowa di Jalan Poros Limbung, aksi penyemprotan di Kantor Cabang Hadji Kalla Toyota Gowa tersebut merupakan bukti terhadap nilai apresiasi pelanggan yang telah dipegang teguh oleh setiap insan Kalla Group.

(Bur)