Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Tim Relawan Yayasan Hadji Kalla bersama dengan tim Bantuan Kemanusiaan Brimobda Sulawesi Selatan melakukan penyemprotan disinfektan skala besar di jalan-jalan utama serta kawasan padat penduduk di Kota Makassar (22/04/2020) dalam rangka pencegahan dan penanganan bencana virus covid-19 yang penyebarannya semakin massif beberapa minggu terakhir. Penyemprotan dilakukan menggunakan mesin semprot dan tiga unit mobil pickup Relawan Kalla menyasar jalan dan gang kecil pemukiman warga.  Aksi penyemprotan disinfektan ini berlangsung sejak hari ahad lalu hingga hari ini.

Penyemprotan melibatkan sebanyak 10 orang dari tim Relawan Kalla dan tujuh orang personel Brimobda Sulsel. Tim dibagi dalam tiga kelompok untuk memaksimalkan jarak tempuh dan luas wilayah penyemprotan. Seperti diketahui bahwa saat ini Kota Makassar telah menjadi zona merah penyebaran virus covid-19. Maka dengan adanya aksi penyemprotan ini, maka diharapkan bisa semakin menekan angka penyebaran virus covid-19

Adapun wilayah yang disisir oleh Tim Relawan Kalla dan Brimobda Sulsel yakni, wilayah Kecamatan Mamajang, Mariso, dan Tamalate. Sebelumnya tim telah membentuk pemetaan wilayah dan memilih sektor tersebut sebagai wilayah prioritas penyemprotan dengan perhitungan bahwa wilayah tersebut merupakan wilayah padat penduduk dengan potensi penyebaran massif.

Muhammad Jumadi, Officer Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla mengungkapkan bahwa wilayah tersebut telah dilakukan survei sebelumnya lalu kemudian dilakukan penyemprotan berdasarkan pemetaan yang terukur sehingga bisa menjangkau tiap sudut wilayah dengan lebih efektif.

Dalam satu hari, tim Yayasan Hadji Kalla dan Brimobda Sulsel mampu melakukan penyemprotan secara menyeluruh di satu wilayah kelurahahan menggunakan formula cairan disinfektan yang telah mengikuti panduan Kementerian Kesehatan RI.

Hj. Lilis, Lurah, Kelurahan Pa’batang, Kecamatan Mamajang yang hadir menyaksikan langsung proses penyemprotan di wilayahnya menuturkan bahwa aksi tersebut untuk pertama kalinya bisa dilakukan dalam skala besar menyisir jalan dan rumah warga di wilayanya. Hal tersebut sangat membantu Ia dalam memberikan pelayanan dan rasa aman pada warga di tengah kepanikan karena semakin merebaknya virus covid-19. Ia mewakili warga di wilayah Kelurahan Pa’batang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim Relawan dari Yayasan Hadji Kalla dan tim Brimobda Sulsel yang telah melakukan penyemprotan disinfektan di jalan dan rumah warganya.

“Penyemprotan hari ini sangat membawa dampak positif bagi warga kami yang ada di sini, karena memang ini juga pertama kali ada penyemprotan yang skalanya besar sehingga bisa menjangkau jalan dan rumah-rumah warga di wilayah Kelurahan Pa’batang ini. Saya selaku lurah di sini mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat kami. Ini sangat membantu saya untuk memberikan rasa aman bagi warga di tengah kepanikan karena covid-19 yang semakin menyebar. Sekali lagi terima kasih”, pungkasnya.

Sementara itu, Abdul Hakim, Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla berharap bahwa semoga dalam aksi penyemprotan ini, maka bisa lebih banyak membantu warga semakin aman dari resiko penyebaran virus covid-19 terutama di wilayah Kota Makassar.

Sebelumnya diketahui bahwa Yayasan Hadji Kalla telah melakukan aksi penyemprotan disinfektan sejak awal bulan maret lalu dan telah memasuki tahap ke-III dengan skala yang semakin besar. Pada tahap ke-III ini Yayasan Hadji Kalla menggandeng tim Brimobda Sulsel dan melibatkan lebih banyak tim Relawan Kalla. Program penyemprotan disinfektan ini akan terus dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla selama masa tanggap darurat untuk membantu pemerintah dan warga agar terhindar dari resiko penyebaran virus covid-19.

(Bur/Yulinar)