Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Bekerja sama dengan Manajemen Kantor Cabang Hadji Kalla Toyota di Wilayah Alauddin, Hertasning dan juga Kabupaten Maros Yayasan Hadji Kalla melaksanakan program donor darah rutin untuk memenuhi kebutuhan kantong darah PMI Kota Makassar, pada 05 hingga 07 November 2020.

Kegiatan ini melibatkan karyawan internal Hadji Kalla Toyota di cabang masing-masing dan juga kelompok komunitas otomotif di Kota Makassar dan juga Maros. Kegiatan ini dipilih untuk dilakukan di Kantor Cabang Hadji Kalla Toyota karena melihat antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darah namun tidak sempat untuk datang ke UPT PMI Kota ataupun provinsi. Tercatat, ada 87 peserta yang mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut dan berhasil mengumpulkan lebih dari 80 kantong darah. PMI Kota Makassar sendiri menugaskan sebanyak 12 orang tenaga medisnya untuk bekerja mengumpulkan kantong darah di dua lokasi, yakni di Cabang Alauddin dan Cabang Hertasning, sedangkang untuk cabang Kabupaten Maros, bekerja sama dengan PMI setempat

Proses pengambilan kantong-kantong darah dari para peserta berlangsung lancar dan disambut antusias oleh para pengunjung dan karyawan. Program ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan jaga jarak antara para peserta. Peserta yang datang dipersilahkan duduk dalam jarak (physical distancing), menggunakan masker hingga menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Menurut Abdul Hakim, Manager Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla, program ini diharapkan bisa membantu PMI Kota Makassar dan juga Kabupaten Maros tetap bisa menjaga jumlah stok darah yang dibutuhkan oleh PMI. Kegiatan ini melibatkan karyawan dan pengunjung serta kelompok komunitas otomotif Kijang Maros. Abdul Hakim juga menjelaskan bahwa meski dilakukan di tengah kondisi pandemi, tim Yayasan Hadji Kala tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut dilakukan agar bisa tetap menjaga keamanan dan kenyamanan bagi peserta donor. “Jadi semoga dengan program donor darah rutin yang kita lakukan ini, maka kebutuhan darah di PMI bisa kita bantu. Selanjutnya kita lihat juga bahwa antusiasme peserta, cukup besar, tentu ini merupakan hal yang positif dan semoga kedepannya antusiasme masyarakat ke depan makin besar untuk rutin mendonorkan darahnya”, tutupnya.

Nur Atikah, Selaku Dokter Umum dari PMI Kabupaten Maros menerangkan bahwa kerjasama yang dilakukan dengan Yayasan Hadji Kalla adalah untuk yang pertama kali dan akan terus berlanjut di masa yang akan datang, hal tersebut diharapkan bisa menjadi bagian dari upaya PMI menjalin hubungan baik dari berbagai instansi termasuk dari ranah korporasi dalam rangka memenuhi kebutuhan darah di semua rumah sakit umum dan swasta yang ada di Kabupaten Maros.

Jamal, salah seorang pendonor yang merupakan security  di kantor Cabang Hadji Kalla Toyota Maros mengaku bahwa ini adalah momen donor darah pertama untuknya. Ia sangat antusias apalagi setelah mengetahui banyak manfaat dari donor darah rutin.

(Bur)