Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Bersama dengan warga Lorong Jawa, Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Yayasan Hadji Kalla jalankan Program Senam Jantung Sehat (22/03/2021), di mana program ini telah rutin dijalankan setiap pekannya. Sebelumnya diketahui bahwa Yayasan Hadji Kalla telah bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia memberikan pelatihan kepada para instruktur senam yang tersebar di lebih dari 10 wilayah di Kota Makassar dengan tujuan mengaktifkan klub senam jantung dalam rangka pencegahan penyakit jantung dan diabetes. Dalam kegiatan ini juga diadakan pelantinkan langsung instruktur Senam Jantung Sehat untuk wilayah Sudiang.

Jumlah peserta atau warga yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 42 orang, di mana banyak pesertanya adalah orang tua dan ibu-ibu rumah tangga. Di wilayah Lorong Jawa sendiri, instruktur pelatih klub senam jantung sehat yang bertugas adalah Ibu Irmawati. Ia dan isntruktur lain telah mendapatkan bekal keilmuan senam jantung melalui pelatihan yang diberikan oleh Yayasan Jantung Indonesia beberapa bulan lalu dan kini Ia ditugaskan untuk membentuk Klub Senam Jantung di wilayah tempat Ia tinggal. Menurutnya, antusiasme yang ditunjukkan oleh warga Lorong Jawa adalah nilai positif yang harus direspon cepat, berarti tugasnya untuk bisa membuat klub senam jantung akan bisa berjalan sesuai dengan rencana, “Kita lihat bahwa warga disini sangat antusias, tentu itu adalah hal yang positif dan kita harus respon dengan cepat dan berharap bisa segera membuat klub senam jantung sehat yang bisa rutin melakukan senam tiap pekan di sini (Wilayah Lorong Jawa). Kita juga targetkan pesertanya bisa bertambah setiap pekannya hingga target besar kita untuk menurunkan resiko penyakit jantung di masyarakat bisa tercapai”, jelas Ibu Irma.

Warga yang ikut dalam kegiatan ini diajarkan cara pemanasan yang baik terlebih dahulu oleh para instruktur lalu kemudian dilanjutkan dengan gerakan-gerakan dasar senam jantung dan diikuti dengan berbagai variasi gerakan yang menyenangkan.

Ibu Ade, salah seorang peserta yang hadir mengungkapkan bahwa Ia dan suami senang dan bersemangat untuk ikut serta dalam kegiatan senam, “Kita ini semangat sekali ikut, bisa berkeringat pagi-pagi toh pak, sehat juga”, pungkasnya.

Sementara itu, Abdul Hakim, selaku Manager Bidang Kemanusiaan & Lingkungan; Yayasan Hadji Kalla berharap bahwa para instruktur yang ditugaskan di wilayahnya masing-masing bisa konsisten dalam menjalankan program senam jantung ini, “Harapan kita, tentu para instruktur yang telah kita latih beberapa bulan lalu bisa konsisten menjalankan tugasnya, bisa membuat klub senam jantung sehat yang rutin melakukan kegiatan senam setiap pekannya. Hal yang paling penting dari semua ini adalah tentang edukasi kepada masyatrakat tentang pola hidup sehat sehingga kita terhindar dari resiko penyakit jantung itu”, terangnya.

(Hakim/Bur)