Yayasanhadjikalla.co.id; Gowa – Bekerja sama dengan Human Initiative Indonesia, Yayasan Hadji Kalla menjalankan program instalasi air bersih untuk warga desa yang berada di wilayah Desa Mangempang, di Kanupaten Gowa. Wilayah yang sudah menjadi wilayah kekeringan selama 20 tahun tersebut akhirnya bisa mendapatkan akses air bersih berkat program bersama antara Yayasan Hadji Kalla dan juga Human Initiative.

Bersama dengan Tim Human Initiative, Yayasan Hadji Kalla melakukan seremoni peresmian Program Instalasi Air Bersih yang dihadiri oleh Kepala Desa Mengempang, Mustari Maknum dan jajaran aparat desa seperti kepala dusun serta tokoh masyarakat, Kepala Cabang Human Initiative; Supriadi, dan Yayasan Hadji Kalla yang diwakili oleh Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan; Abdul Hakim. Peresmian ini dilaksanakan pada Rabu, (13/01/2021).

Mustari Maknum, selaku Kepala Desa Mangempang menjelaskan bahwa di desanya ada sekita 50 rumah yang kesulitan mendapat akses air bersih, namun karena adanya program instalasi air bersih dari Yayasan Hadji Kalla, akhirnya Ia dan para warga bisa kembali menikmati air bersih setelah 20 tahun lamanya.

“Di sini ada sekitar 50 KK yang tingga dan semuanya kesulitan air bersih termasuk masjid kita ini. Tapi sejak berjalannya program instalasi air bersih dari Yayasan Kalla dari akhir tahun 2020 ini, akhirnya kita bisa kembali menikmati aliran air bersih setelah puluhan tahun. Maka dari itu, saya mewakili Pemerintah Desa Mangempang dan juga warga mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan kesyukuran kepada Yayasan Hadji Kalla atas program ini, semoga kita semua selalu mendapat berkat dari Yang Maha Kuasa”, jelasnya.

Sebelumnya diketahui bahwa warga yang ingin air bersih harus berjalan sejauh 3 kilometer menuju sumur terdekat dari desa, itu pun harus dalam keadaan mengantri dari pukul 12 malam hingga pagi hari, jika terlambat maka resiko pulang tanpa membawa air bersih menjadi hal yang harus diterima oleh warga di Desa Mangempang.

Namun sejak digunakannya sumur sumber air bersih yang telah dibuat instalasinya dalam Program Air Bersih Yayasan Hadji Kalla dan Human Initiative telah membuat warga bersuka cita, karena bisa mendapatkan air bersih yang langsung mengalir ke rumah mereka.

Abdul Hakim; Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan menyampaikan kepada warga bahwa Instalasi yang dibuat semoga bisa dijaga dan dirawat oleh warga di Desa Mangempang agar bisa terus membawa manfaat kepada warga”, pungkasnya.

“Jadi setelah ada ini air pak bu, jangan semata mata dilihat saja tapi tidak dirawat, kita harus jaga ini , kita harus rawat, karena ini kepunyaan kita bersama. Maka jagalah aset kita ini agar bisa terus membawa kebermanfaatan di masa mendatang”, sahut Hakim kepada Warga Desa Mengempang.

Sementara itu Awal, selaku tokoh pemuda desa sekaligus Ketua Karang Taruna Desa Mengempang mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla dan juga tim dari Human Intiative yang telah memilih desanya dalam program Instalasi Air Bersih. Berkat program tersebut Ia dan warga desa sudah tidak lagi mengalami kesusahan dalam mendapatkan akses pada air bersih dan layak.

(Bur)