Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Humanity & Environment, kembali melaksanakan program donor darah di Atrium Nipah Mall Makassar, 23-25 Oktober 2020. Program ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke 68 Kalla Group.

Program donor darah tersebut bekerja sama dengan manajemen PSM Makassar serta kelompok supporter dan juga pengunjung Nipah Mall. Hal tersebut diharapkan dapat memperbesar minat masayarakat umum dan khususnya di kelompok supporter untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan kantong darah dari PMI Kota Makassar.

Ilham selaku perwakilan dari PMI Kota Makassar menerangkan bahwa Ia dan timnya telah bersiap untuk melayani para pendonor yang inging ikut dalam kegiatan tersebut selama tiga hari. Ia juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan selama tiga hari itu, maka kebutuhan darah di PMI Kota Makassar bisa terpenuhi.

Dalam program ini, ditargetkan untuk bisa mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah dalam waktu pelaksanaan sejak pagi hingga sore hari di hari jumat hingga ahad. Proses pengambilan kantong-kantong darah dari para peserta disambut antusias oleh para pengunjung mall dan supporter. Program ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan jaga jarak antara para peserta. Peserta yang datang menggunakan masker hingga menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mengisi asessment pencegahan Covid-19 Kalla Group. Hal tersebut tentu dilakukan dalam rangka menjalankan himbauan pemerintah agar bisa terhindar dari paparan Covid-19.

Abdul Hakim, Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla, program ini diharapkan bisa membantu PMI Kota Makassar tetap bisa menjaga jumlah stok darah yang dibutuhkan oleh PMI. “Kegiatan rutin kita ini semoga bisa terus konsisten agar kita bisa tetap menjaga pasokan darah di PMI. Kita juga berharap bahwa semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya mendonorkan darah secara rutin”, jelasnya.

Abdul Hakim juga menjelaskan bahwa meski dilakukan di tengah kondisi darurat karena pandemi, tim PMI Kota Makassar juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para peserta. Hal tersebut dilakukan agar bisa tetap menjaga keamanan dan kenyamanan bagi peserta donor. “Jadi semoga dengan program donor darah rutin yang kita lakukan ini, maka kebutuhan darah di PMI bisa kita bantu. Selanjutnya kita lihat juga bahwa antusiasme peserta, suporter PSM dan para pengunjung, semoga kita bisa tetap konsisten dalam membantu dalam ketersediaan pasokan darah di PMI”, lanjutnya

Musdalifah, salah seorang pendonor yang merupakan pengunjung mall menceritakan bahwa ini adalah momen donor pertama untuknya. Ia sangat antusias apalagi setelah mendapat informasi bahwa donor darah punya banyak manfaat, di antaranya bisa menjaga imunitas tubuh”, tutupnya.

(Bur)