Yayasanhadjikalla; Wajo – Respon cepat dilakukan oleh tim Kemanusiaan dan Relawan dari Yayasan Hadji Kalla terhadap banjir besar yang merendam puluhan desa di Kabupaten Wajo akibat luapan Danau Tempe yang berada di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (18/07/2020).

Berangkat sejak jumat kemarin, bantuan yang dibawa oleh Tim Yayasan Hadji Kalla bersama dengan Toyota Hadji Kalla cabang Wajo dan juga tim dari Brimobda Sulsel diterima langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si., dan H. Amran, S.E.

Setelah serah terima yang dilakukan di Kantor Cabang Kalla Toyota Wajo, tim langsung bergerak membagikan sejumlah paket bantuan berupa selimut dan sembako. Terhitung sebanyak 500 paket bantuan diberikan langsung kepada warga yang terdampak parah di beberapa kelurahan yang ada di sekitar Danau Tempe.

Penyaluran bantuan yang dilakukan dibantu oleh tim Brimobda Sulsel, Tim BPBD dan juga Dinas Sosial menggunakan perahu karet untuk menjangkau rumah warga yang terendam banjir. Hingga berita ini ditulis, air yang merendam rumah warga masih belum surut sepenuhnya karena curah hujan yang masih tinggi.

Tim Yayasan Hadji Kalla yang dipimpin langsung oleh Ustad Kurniawan menyatakan bahwa penyaluran bantuan ini dilakukan cepat agar warga bisa tertolong dengan bantuan berupa sembako, “Memang pembagian sembako menjadi penting dalam tugas kita kali ini, warga sangat kesulitan karena banjir yang masih merendam dan mereka tidak bisa keluar dari rumah untuk mencari pasokan makanan”, tegas Ustad Kurni.

Sementara itu, Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si., menyampaikan terima kasihnya kepada tim Yayasan Hadji Kalla yang bisa merespon cepat bencana yang terjadi di wilayahnya dengan datang langsung membagikan paket bantuan sembako.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang hari ini datang membawa bantuan berupa sembako. Tentu hal ini sangat-sangat membantu kami sebeagai pemerintah daerah, apalagi sekarang memang pasokan bantuan kami sangat kurang. Dengan adanya bantuan yang sampai hari ini bisa sangat membantu warga yang terdampak”, jelas Amran Mahmud.

Sebelumnya diketahui bahwa banjir telah terjadi sejak selasa lalu di Kabupaten Wajo akibat meluapnya Danau Tempe, banjir telah merendam ratusan rumah warga di wilayah tersebut. Merespon hal tersebut Yayasan Hadji Kalla bergerak cepat untuk langsung menyalurkan bantuan sembako untuk warga terdampak banjir. Saat berita ini ditulis Yayasan Hadji Kalla telah melanjutkan perjalanan untuk membawa bantuan ke Wilayah Masamba, Luwu Utara yang juga terdampak bencana banjir bandang pada senin, 13 Juli lalu.

(YHK)