www.yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla kembali menggelar vaksinasi massal khusus bagi masyarakat dhuafa dan disabilitas dengan total 1576 peserta. Vaksinasi belangsung di Masjid Babussalam, Borong Raya, Makassar, pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Ketua Tim Program Vaksinasi Yayasan Hadji Kalla, Kurniawan Jaya menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan Hadji Kalla sebagai lembaga sosial. Yayasan Kalla telah menggelar beragam program vaksinasi massal yang menyasar berbagai kalangan, termasuk bagi kelompok disabilitas dan dhuafa.

“Ini adalah kali kedua kita menggelar vaksinasi di Masjid Babussalam. Sebelmunya kita telah melaksanakan proses vaksinasi tahap pertama di tempat ini juga, yang kita targetkan memang khusus untuk kaum dhuafa dan disabilitas. Sekarang vaksinasi sudah diatas angka 50 persen di berbagai sektor dan lapisan masyarakat, sehingga kita juga mulai mendekati kelompok masyarakat khusus seperti dhuafa dan disabilitas. Kedepannya warga-warga yang ada di daerah dan kabupaten tetangga Kota Makassar, berikut yang ada di pulau akan kami layani juga untuk dapat akses ke-vaksinasi,” ungkapnya.

Pada gelaran vaksinasi kali ini ada dua jenis vaksin yang diberikan, yakni vaksin jenis Sinovac dan juga Astrazeneca bagi mereka yang baru akan melakukan vaksin untuk pertama kali. Kegiatan kali ini bekerja sama dengan Makassar Recover, Tim Kodam XIV Hasanuddin, Project Dakwah, dan pengelola Masjid Babussalam. Ribuan peserta ikut dalam kegiatan tersebut sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Alwi Ahmad, salah seorang disabilitas tunanetra yang datang bersama dengan teman-teman kelompok disabilitas, mengungkapkan kegembiraannya karena telah selesai mengikuti vaksinasi tahap kedua, “Alhamdulillah, syukur sekali hari ini akhirnya sudah lengkap vaksinnya, dua kali. Saya berharap setelah vaksin ini, teman-teman disabilitas di Makassar bisa terjaga dari resiko paparan virus corona”, ungkapnya.

Alwi yang merupakan pedagang asongan ini juga bercerita tentang kesulitannya mendapatkan akses vaksinasi karena kondisinya yang cukup membuatnya kesulitan, namun setelah beberapa bulan, akhirnya Ia bisa melakukan vaksin melalui event vaksinasi yang diselenggarakan oleh Yayasan Hadji Kalla. Ia diberikan layanan terbaik oleh tim kesehatan dan dari anggota Kodam XIV Hasanuddin yang menjadi mitra Yayasan Hadji Kalla dalam berbagai event vaksinasi yang dilakukan.

Sementara itu, Praka Aswan, salah seorang anggota tim vaksinasi dari Kodam XIV Hasanuddin mengungkapkan bahwa Ia dan timnya telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan banyak kelompok dan organisasi guna memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan vaksinasi yang baik dan merata.

Sebanyak 139 orang penyandang disabilitas dari beberapa organisasi berhasil divaksin pada penyelenggaraan vaksinasi tahap kedua di Masjid Babussalam. Pada momen ini juga, puluhan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Makassar juga ikut melakukan vaksinasi, karena dalam beberapa pekan kedepan, akan dimulai pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah yang ada di Kota Makassar.

Berikutnya, Yayasan Hadji Kalla akan kembali mengadakan vaksinasi covid-19 dosis pertama dan kedua serentak di 21 lokasi kabupaten dan kota secara serentak pada akhir oktober mendatang.

(Br)