YayasanHadjiKalla.co.id, Bantaeng – Tim soundsystem program Islamic Care Yayasan Hadji Kalla mengadakan pelatihan sound system mesjid yang bekerjasama dengan TOA Indonesia, serta pengurus mesjid Nurul Yaqin, Dusun Tanatea, Desa Nipa-nipa, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng. Sebanyak 57 peserta yang mengikuti pelatihan yakni pengurus mesjid, warga dan pemuda setempat.

Pembicara adalah Muhammad Haidar dan Muhlis dari tim Yayasan Hadji Kalla yang berpengalaman menyalurkan bantuan pemasangan sekaligus maintenance di beberapa mesjid di Sulawesi Selatan. Dengan target bantuan 1000 sound system, hingga 2016 saat ini realisasi program sekisar 440 sound.

Kegiatan ini bisa menambah wawasan jamaah terkait maintenance, ujar Muhlis ketika memberikan arahan kepada peserta yang bertempat langsung di mesjid Nurul Yaqin, Rabu (7/12/2016).

Tim sound system berinisiatif untuk melaksanakan pelatihan karena usulan dari pengurus masjid yang kurang memahami teknis pemasangan. Pengurus pun dengan semangat bersedia untuk menghadirkan jamaah setempat.

Haidar menjelaskan tentang tata cara pemasangan sound system yang benar kepada peserta yang hadir, sekaligus mensosialisasikan pembuatan proposal kepada warga yang ingin mengajukan bantuan. Selain itu, agar peserta mudah memahami, Haidar memberikan praktik langsung perbaikan sound yang bermasalah.

“Kami sangat terbantu dengan sound system yang diberikan, pengeras suara semakin jelas dan warga bisa tergerak untuk hadir ke masjid menunaikan kewajibannya. Pelatihan ini juga, sekaligus membantu jamaah agar tidak keliru lagi ketika terjadi kerusakan ringan pada sound system”, ujar Umri salah satu pengurus mesjid Nurul Yaqin.

 

2016-12-08T07:11:11+00:00