Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Kondisi Kota Makassar yang saat ini telah masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 atau virus Corona oleh pemerintah semakin membuat banyak pihak khawatir. Hingga tulisan ini dibuat, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui situs https://covid19.sulselprov.go.id/, yang merupakan pusat data informasi tentang status penyebaran virus corona di Sulawesi Selatan telah mencatat lebih dari seratus pasien positif terjangkit Covid-19. Peningkatan jumlah kasus untuk status ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Banyak pihak yang terdampak, mulai dari sektor swasta, instansi pemerintah hingga warga dhuafa. Kondisi yang semakin mengkhawatirkan membuat banyak pihak terus berupaya keras membantu sekuat tenaga dengan berbagai cara, mulai dari membagikan sembako untuk masyarakat terdampak covid-19 seperti buruh harian lepas dan pedagang kecil. Aksi-aksi kemanusiaan serupa juga terus dijalankan oleh Yayasan Hadji Kalla mulai dari pembagian sembako, sumbangan unit APD (Alat Pelindung Diri) untuk para tenaga medis, hingga membagikan sabun cuci tangan untuk masjid-masjid di pinggir jalan protokol Kota Makassar.

Aksi pembagian sabun cuci tangan yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla telah memasuki tahap ketiga, di mana sebelumnya telah dilakukan pembagian sebanyak 240 unit dispenser dan sabun cuci tangan di mana setiap masjid yang diberikan mendapat empat unit dispenser yang dipasang di toilet dan tempat wudhu. Pada tahap ketiga ini Yayasan Hadji Kalla tetap berfokus dan memprioritaskan masjid yang berada di pinggir jalan protokol dengan asumsi bahwa masjid tersebut menjadi tempat singgah bagi para pengguna jalan saat waktu sholat tiba.

Pembagian kali ini dilakukan di 30 titik, yakni di 29 masjid yang ada di Kota Makassar, seperti di wilayah Kecamatan Mariso, Panakkukang dan Tamalate. Sementara satu set dispenser beserta sabun cuci tangan diberikan untuk Posko Induk Info Covid-19 Kota Makassar, Jalan Nikel Raya, (8/4/2020). Bukan hanya diberikan, namun tim Yayasan Hadji Kalla juga membantu proses pemasangan hingga bisa digunakan langsung oleh masyarakat.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Direktur Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair kepada Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb dan disaksikan langsung oleh Ketua BPBD Kota Makassar, dr. Muhammad Rusly. Yayasan Hadji Kalla juga telah melaporkan langsung rincian berbagai aksi dan bantuan yang telah dilakukan selama masa darurat akibat penyebaran Covid-19. Mulai dari bantuan penyemprotan disinfektan, paket sembako hingga bantuan APD untuk tenaga medis.

Ketua BPBD Kota Makassar, dr. Muhammad Rusly menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan Hadji Kalla sebagai pihak swasta yang telah memberikan kontribusi besar dalam proses penanganan penyebaran Virus Covid-19.

“Bantuan yang diberikan oleh Yayasan Hadji Kalla ini tentu sangat besar manfaatnya bagi kita dan utamanya masyarakat. Bantuan seperti ini tentu bisa menjadi pemicu dari pihak lain dari swasta dan korporasi untuk mengikuti langkah tanggap dan sigap Yayasan Hadji Kalla dalam menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat, saya mewakili Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar memberikan apsresiasi dan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla atas bantuannya hari ini kepada kita berupa sabun cuci tangan, dispenser sabun cuci tangan ini adalah yang pertama sampai ke posko kita ini dan tentunya menjadi bantuan yang berarti bagi teman-teman yang bertugas di sini. Bukan hanya itu, kami juga mendengar laporan bahwa Yayasan Hadji Kalla dalam beberapa pekan terakhir telah banyak melakukan aksi kemanusiaan terkait penanganan virus ini seperti bantuan penyemprotan disinfektan, sembako untuk warga dhuafa hingga APD untuk teman-teman di rumah sakit. Sekali lagi terima kasih”, tutur dr. Rusly saat dihubungi melalui sambungan telfon.

Iswanto Adam, Staf Bidang Keislaman Yayasan Hadji Kalla yang merupakan koordinator aksi pembagian dispenser sabun cuci tangan Yayasan Hadji Kalla menuturkan bahwa kegiatan ini telah memasuki tahap ketiga dan akan terus berlanjut untuk bisa membantu lebih banyak masjid agar bisa mendapatkan dispenser sabun cuci tangan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di tempat umum.

“Jadi saya bersama dengan Pak Mukhlis yang juga staf Bidang Keislaman hari ini akan kembali berkeliling Kota Makassar untuk memasang dispenser sabun cuci tangan Yayasan Hadji Kalla untuk masjid-masjid dan ini sudah masuk tahap ketiga, jika ditotal, maka jumlahnya sudah ada 89 masjid yang diberikan bantuan ini. Kita semua berharap bahwa dengan bantuan ini, kita bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa mencuci tangan bisa menjadi solusi dalam hal pencegahan atau terhindar dari paparan Covid-19 ini”, terangnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Yayasan Hadji Kalla telah melakukan berbagai aksi kemanusiaan dalam penanganan Covid-19 di Kota Makassar, seperti bantuan penyemprotan disinfektan untuk masjid dan wilayah pemukiman masyarakat di mana telah dilakukan di 80 titik dan terus berlanjut, bantuan APD untuk tenaga medis sebanyak 750 unit, 360 unit dispenser sabun cuci tangan untuk masjid dan posko induk info covid-19 serta 2.000 paket sembako untuk warga dhuafa terdampak Covid-19.

(Bur)