Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Memasuki pekan kelima darurat penyebaran covid-19, Kota Makassar bekerja semakin keras guna menekan angka penyebaran virus. Berbagai cara telah dilakukan, mulai dari penyemprotan hingga diterapkannya status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Status PSBB yang diterapkan oleh pemerintah Kota Makassar tentu membawa banyak dampak kepada masyarakat utamanya para pekerja dan buruh harian hingga para pedagang yang berjuang di jalanan. Dampaknya jelas terasa karena pembatasan kegiatan warga akan membuat mereka yang berpenghasilan harian akan sulit mencari nafkah.

Melihat kondisi di lapangan yang semakin sulit, Yayasan Hadji Kalla sejak awal maret lalu telah membagikan ribuan paket sembako untuk warga dhuafa yang terdampak covid-19. Pembagian dilakukan dengan melibatkan banyak mitra lembaga amil seperti, Human Initiative, Rumah Zakat, Inisiatif Zakat Indonesia, dan Bulan Sabit Merah Indonesia dan Aksi Cepat Tanggap.

Hingga hari ini, senin (27/04/2020), Yayasan Hadji Kalla bersama mitra lembaga amil telah menyalurkan 3000 paket sembako untuk warga dhuafa yang membutuhkan. Bantuan sembako untuk warga dhuafa terdampak covid bukan hanya diberikan untuk warga yang ada di sekitar wilayah Kota Makassar namun juga ada paket yang dibagikan untuk masyarakat yang bermukim di pulau-pulau kecil yang tak jauh dari Kota Makassar. Adapun pulau yang mendapat bantuan adalah, Pulau Sangkarrang dan Pulau Barangcaddi. Tercatat ada sebanyak 300 kepala keluarga di wilayah tersebut yang mendapatkan bantuan paket sembako dari Yayasan Hadji Kalla.

Proses distribusi disaksikan langsung oleh aparat pemerintah Barangcaddi beserta bidang Keislaman Yayasan Hadji Kalla dalam hal ini, Manager Bidang Islamic Care. Bantuan dikirim melalui jalur air menggunakan dua perahun bermotor menuju langsung ke Pulau Sangkarrang dan Barangcaddi dibantu oleh warga setempat dan lembaga amil mitra Yayasan Hadji Kalla

Muhammad Syahid, selaku Lurah dari Kelurahan Barangcaddi menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan Hadji Kalla atas inisiasi bantuan yang diberikan untuk warganya yang tinggal di pulau tersebut.

“Jadi saya mewakili warga kelurahan Barangcaddi, khususnya Pulau Barangcaddi, RW 01, mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang peduli terhadap warga kami yang terdampak, dalam hal ini karena virus covid-19 dan hari ini mendapatkan kompensasi (bantuan) sembako kepada warga Barangcaddi. Sekali lagi atas nama pemerintah setempat mewakili warga pulau Barangcaddi mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang kami terima yang tentunya sangat bermanfaat bagi warga. Saya berharap mudah-mudahan kedepannya, NV Hadji Kalla (Kalla Group) bisa sukses dan terus memberikan kepeduliannya kepada warga dhuafa”, Jelas Lurah Barangcaddi tersebut.

Sementara itu, Manager bidang Keislaman Yayasan Hadji Kalla, Salman Febriyansyah berharap bahwa semoga dengan bantuan dari Yayasan Hadji Kalla yang menjangkau warga kepulauan bisa bermanfaat dan membantu para warga setidaknya hingga wabah pandemi benar-benar selesai sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas kembali secara normal.

Sebelumnya diketahui bahwa Yayasan Hadji Kalla telah membagikan paket sembako bantuan untuk warga dhuafa yang terdampak pandemi Covid-19 di berbagai titik di Kota Makassar.

(Bur)