YayasanHadjiKalla.co.id, Makassar – Pelatihan sound sistem mesjid kembali digelar oleh tim Yayasan Hadji Kalla di Pesantren Al Mubarak, jalan Goa Ria Lorong Al Mubarak, Sudiang, Makassar (4/3).

Bekerjasama dengan TOA Indonesia, kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta yang berasal dari pengurus mesjid se-Kecamatan Biringkanayya.

Muh. Haedar Al Idrus dan Muchlis menjadi pembicara kali ini, mengenai penanganan sound sistem mesjid yang menjadi kendala.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan sumber daya masyarakat terhadap permasalahan sound sistem pada mesjid, mengetahui macam-macam jenis speaker dan amplifier yang digunakan di masjid, dan cara pemasangan dan penyambungan sound sistem.

“Banyaknya permasalahan yang dikeluhkan oleh pengurus mesjid mengenai suara yang tidak normal, membuat kami mengusungkan pelatihan ini” tutur Haedar yang telah mengabdi sebagai engineering di Kalla Group selama 5 tahun.

Tak hanya itu, Haedar juga menjelaskan terkait instalasi perkabelan sound sistem untuk out door dan in door mesjid, serta spesifikasi amplifier untuk horon yang berada di menara mesjid.

Salah satu pengurus mesjid Al Ikhlas Sudiang sangat bersyukur dengan kegiatan ini, Awalnya yang ia pahami hanya cara menginstal sound, setelah mengikuti kegiatan ini, ia lebih mengetahui cara mengatasi permasalahan kecil yang terjadi pada sound, kata Rahmat, pemuda yang bergabung dalam pengurus mesjid ini.

Tim dari TOA Indonesia juga menyempatkan hadir menyampaikan presentasi mengenai cara memilih sound yang baik dan peruntukkannnya untuk mesjid.

“Terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk berbagi pengetahuan dengan peserta pelatihan, dan menyampaikan spesifikasi terbaik untuk sound sistem di mesjid,” Kata Taslim, tim dari TOA Indonesia.

Setelah pemaparan pemateri, kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung cara penggantian spull/membran horon TOA (corong).

2017-03-07T02:17:17+00:00