Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Radio Al-Markaz dalam frekuensi 99.6 fm menjadi radio dengan latar belakang keislaman yang menyajikan berbagai program bernafaskan Islami di tengah masyarakat Sulawesi Selatan. Mulai mengudara sejak tahun 2010 radio yang berada di kompleks Masjid Besar Al-Markaz Kota Makassar ini tetap konsisten dengan konten-konten keislamannya. Tercatat ada sembilan program yang dijalankan oleh para penyiar di Radio Al-Markaz.

Dalam perjalanannya, Radio Al-Markaz berkolaborasai bersama dengan Yayasan Hadji Kalla dalam menyajikan berbagai porgram siaran dakwah yang membawa informasi serta ilmu di tengah masyarakat Kota Makassar. Yayasan Hadji Kalla telah membantu Radio Al-Markaz dalam menjalankan berbagai program siaran dan untuk operasional radio dalam mengudara. Ruby Sudikio, Pemimpin Redaksi Radio Al-Markaz menuturkan bahwa bantuan dari Yayasan Hadji Kalla menjadi sangat bermanfaat dalam kegiatan mengudara Radio Al-Markaz, setidaknya ada enam program yang berkolaborasi dengan Yayasan Hadji Kalla dengan tema Keislaman dan siraman rohani. “Jadi kami beekolaborasi dengan Yayasan Kalla ini tentu sangat besar manfaatnya yah, kita bisa menciptakan program-program bernuansa keislaman, siraman rohani dan seterusnya. Semoga ini bisa menjadi kerja sama yang berkelanjutan agar kita bisa terus menyajikan konten positif di tengah masyarakat Kota Makassar”, ujar Ruby.

Saat dikunjungi oleh Tim Redaksi Yayasan Hadji Kalla, (23/08/2020), meski di tengah masa pandemi ini, Radio Al-Markaz masih tetap mengudara, walaupun menghadapi beberapa kendala, seperti narasumber yang tidak bisa datang langsung ke studio dan harus melakukan siaran denga panggilan telefon. “Alhamdulillah, selama pandemi program tidak ada masalah, tetap berjalan seperti biasa, namun yang jadi sedikit kendala bagi kami mungkin narsum kita yang tidak bisa datang dan harus by call (telfon)”, lanjutnya.

Ruby juga menjelaskan bahwa  ada enam program bertemakan keislaman yang berkolaborasi dengan Yayasan Hadji Kalla, salah satunya adalah Program Sehat Islami yang menghadirkan narasumber kompeten yang memberikan informasi gaya hidup sehat Islami menurut Al-Quran dan Hadist. Program ini menjadi program andalan di Radio Al-Markaz.

Ia melanjutkan bahwa dalam waktu dekat, timnya akan menggodok sebuah program yang akan berkolaborasi dengan Yayasan Hadji Kalla dan akan disiarkan setiap akhir pekan. Programnya akan berupa recording berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla di banyak tempat salah satunya adalah dalam program Desa Bangkit Sejahtera, program ini akan berbentuk feature news dan akan disiarkan setiap akhir pekan dengan tujuan memberikan informasi kepada publik tentang program-program Yayasan Hadji Kalla melalui cerita-cerita Inspiratif.

“Jadi rencana dalam waktu dekat ini, saya dan tim akan membuat satu program siaran khusus yang akan berkolaborasi bersama dengan Yayasan Hadji Kalla. Siarannya dalam bentuk feature dan kita record untuk kemudian disiarkan tiap akhir pekan. Isinya berupa kegiatan-kegiatan Yayasan Kalla di pelosok desa yang membina warga dan UMKM”, tandas Ruby Sudikio.

Diketahui bahwa Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Islamic Care telah menjalin kerja-sama dengan Radio Al-Markaz sejak tahun 2018 dalam membantu kegiatan mengudaranya melalui “Program Bantuan Radio Al-Markaz”. Ria Supratman, Officer Bidang Islamic Care Yayasan Hadji Kalla menjelaskan bahwa kolaborasi dengan Radio Al-Markaz ini diharapkan bisa memberikan pembinaan keislaman kepada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas, sebagaimana diketahui bahwa siaran radio mampu menjangkau pelosok-pelosok negeri. Hal ini juga bisa menjadi opsi baru di tengah masyarakat untuk bisa mendapatkan berbagai informasi bertemakan keislaman (dakwah), apalagi di tengah kondisi serba terbatas karena pandemi.

(Bur)