Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla mulai melakukan penyaluran paket sembako ramadhan untuk warga dhuafa di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan berikut dengan Kendari di Sulawesi Tenggara, Palu di Sulawesi Tengah dan Mamuju di Sulawesi Barat. Sebanyak 10.000 paket disalurkan sejak rabu 13 mei 2020 lalu atau dua pekan sebelum hari raya idul fitri. Paket yang dibagikan diharap mampu memenuhi kebutuhan warga dhuafa menjelang hari raya.

Distribusi dipusatkan di kediaman Pribadi Pendiri Yayasan Hadji Kalla, Muhammad Jusuf Kalla, Jl, Haji Bau, Kota Makassar. Dalam prosesnya, program rutin dari Bidang Islamic Care ini dikawal dan diawasi langsung oleh Manager Islamic Care Salman Febriyansyah bersama timnya. Distribusi sendiri bekerja sama dengan jasa pengangkutan Kalla Transport and Logistic  yang kemudian paket akan disimpan di setiap cabang Kalla Toyota yang ada di setiap kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. Tiap kantor cabang Kalla Toyota menjadi mitra Yayasan Hadji Kalla dalam proses penyaluran paket sembako ramadhan.

Bukan hanya itu Yayasan Hadji Kalla juga bekerja sama dengan beberapa lembaga amil mitra seperti ACT, Human Initiative, Dompet Dhuafa, IZI, LazisMu, Baitul Maal Hidayatullah dan Rumah Zakat dalam proses distribusi sembako ke wilayah-wilayah terpencil dan sulit dijagkau seperti Luwu dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Diharapkan dengan adanya kerja sama bersama lembaga amil tersebut yang telah memiliki relawan lokal di berbagai daerah bisa mempermudah dan mempercepat proses penyaluran sembako ramadhan Yayasan Hadji Kalla.

Hamka Abdi Kusuma, perwakilan dari lembaga Human Initiative berharap bahwa dengan adanya kemitraan yang dijalin oleh pihaknya dan Yayasan Hadji Kalla bisa lebih mudah menjangkau masyarakat dhuafa yang membutuhkan paket sembako di tengah pandemi dan menjelang hari raya.

Salman Febriyansyah, Manager Islamic Care Yayasan Hadji Kalla menjelaskan bahwa pembagian 10.000 paket untuk seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan ditambah dengan Palu, Kendari dan Mamuju berjalan lancar selama proses distribusi dari rabu hingga jumat 13-15 mei 2020.

“Jadi untuk pembagian 10.000 paket sembako ramadhan ke seluruh wilayah kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan ditambah dengan Palu, Kendari dan Mamuju berjalan lancar selama proses distribusi dari rabu hingga jumat 13-15 mei 2020. Distribusi di kabupaten sendiri akan dibantu oleh cabang Kalla Toyota dan sebagian lagi dibantu oleh mitra lembaga amil yang telah bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla. Kalla Toyota sendiri kemudian dipilih sebagai mitra distribusi untuk mewakili Kalla Group secara keseluruhan dan tentunya Yayasan Hadji Kalla untuk menunjukkan bahwa kita punya kepedulian besar terhadap masyarakat dhuafa yang membutuhkan,” jelasnya.

Salman juga menjelaskan bahwa kerja sama dengan lembaga amil seperti ACT dan Rumah Zakat bisa mempermudah tim menjangkau daerah-daerah pelosok dan terpencil.

“Semua tentu diharapkan bahwa dengan hal tersebut kita bisa melakukan pemerataan dalam pembagian sembako ramadhan Yayasan Hadji Kalla. Saya berharap bahwa mudah-mudahan dengan pembagian paket sembako ramadhan dari Yayasan Hadji Kalla ini bisa memberikan kebahagian kepada para dhuafa, khususnya dalam rangka menyambut hari lebaran”, tutupnya.

Diketahui bahwa tahun ini, Yayasan Hadji Kalla akan mendistribusikan paket sembako ramadhan untuk warga dhuafa di berbagai wilayah yang ada di Sulawesi Selatan, Barat, Tengah dan Tenggara.  

(Bur)