Yayasanhadjikalla.co.id; Wajo – Pelatihan untuk para pengurus dan teknisi sound system masjid kembali diberikan oleh oleh Yayasan Hadji Kalla melalui Program Islamic Care kepada pengurus mesjid dari berbagai wilayah di Kabupaten Wajo pada jumat 28 Agustus 2020 di Masjid Darut Taauhid di Desa Barangmamasa, Kabupaten Wajo. Pelatihan kali ini diikuti oleh 36 orang peserta dan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pelatihan dibuka oleh Bapak Abdurrahman selaku perwakilan Pengurus Masjid Se-kabupaten Wajo. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa semoga dengan diadakannya pelatihan tersebut, para peserta yang hadir bisa menyerap ilmu dari para pemateri sehingga bila ada gangguan pada sound yang ada di masjid masing-masing, maka bisa dilakukan perbaikan atau maintenance sendiri. 

Materi dibawakan langsung oleh teknisi dari Yayasan Hadji Kalla, Mukhlis dan Iswanto Adam. Keduanya memberikan materi berupa pengenalan alat-alat sound dan fungsi dari setiap alat serta komponen yang ada pada sound system. Kemudian diberikan pula penjelasan tentang masalah-masalah yang mungkin terjadi pada sound system dan bagaimana cara melakukan perbaikan yang benar.

Tidak seperti pelatihan-pelatihan sebelumnya yang telah diadakan oleh Islamic Care, tahun ini terasa sangat berbeda karena ada banyak batasan yang harus dilakukan akibat dari terpaan pandemi yang melanda berbagai wilayah di Indonesia termasuk Sulawesi Selatan. Iswanto Adam, menjelaskan bahwa protokol kesehatan dijalankan ketat saat pelatihan, seperti pemeriksaan suhu tubuh hingga membagikan assesment covid untuk melihat kesiapan peserta, pada bagian ini, dinilai juga apakah peserta biperbolehkan mengikuti pelatihan atau tidak dengan melihat aktivitas para peserta di 14 hari sebelumnya. “Kita harus memastikan bahwa setiap peserta yang mengikuti pelatihan benar-benar layak, suhu tubuh dicek, mengisi assesment dan berbagai protokol kesehatan lain. Semoga semuanya lancar dan peserta bisa mengaplikasikan ilmunya dengan baik setelah pelatihan ini”, jelasnya.

Najib, salah seorang peserta berterima kasih atas adanya kegiatan pelatihan teknisi sound system masjid yang diadakan oleh Yayasan Hadji Kalla, karena selama ini Ia selaku pengurus masjid tidak tau bagaimana merawat sound masjid dengan baik.

“Hari ini saya dan beberapa teman pengurus masjid ikut pelatihan dan merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan hari ini. Saya berterima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah mengadakan pelatihan ini sehingga saya bisa tau tata cara pemasangan/penyambungan kabel yang benar”, jelasnya.

Najib melanjutkan bahwa Ia mewakili para peserta berharap agar pelatihan serupa bisa terus diadakan di daerah lain, sebab sangat membantu pengurus masjid dalam memperbaiki sound system ketika terjadi masalah.

Pelatihan ini adalah yang pertama di tahun 2019, sebelumnya banyak agenda pelatihan dan program kerja dari Bidang Islamic Care yang harus ditunda akibat dari Pandemi Covid-19.

Pelatihan ini diberikan karena melihat banyaknya pengurus atau teknisi masjid yang tidak tahu cara penggunaan dan perawatan sound system yang baik dan benar, padahal mereka adalah orang-orang yang paling diperlukan agar suara adzan dan imam saat membaca bacaan sholat. Diharapkan, bahwa lewat pelatihan ini, para pengurus masjid bisa tau cara merawat sound system yang baik.

(Bur)