Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Tingkatkan efektivitas program 2020, Yayasan Hadji Kalla lakukan pertemuan bersama dengan perwakilan dari berbagai lembaga pengelola zakat yang ada di Sulawesi Selatan, oraganisasi yang ditemui merupakan  yang aktif membantu dan memberikan banyak kebaikan untuk masyarakat utamanya di Sulawesi Selatan. Adapun lembaga zakat yang ditemui di antaranya adalah, Inisiatif Zakat Indonesia, Rumah Zakat Sulsel, BMH Sulsel, LazisMu Sulsel, Human Inisiative Sulsel, ACT Sulsel dan terakhir ada Dompet Dhuafa Sulsel.

Pertemuan tersebut kiranya akan membahas tentang upaya-upaya dalam penyebaran berbagai program kebaikan dari semua pihak yang bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla. Pertemuan berlangsung di M61 Cafe & Eatery, Jalan Anggrek Raya, Kota Makassar, 10/03/2020.

Dalam agneda tersebut, didiskusikan sinergi program ramadhan Yayasan Hadji Kalla berupa pembagian sembako dan pembagian Al-Qur’an. Lembaga-lembaga Amil yang ikut dalam sinergi tersebut akan membantu Yayasan Hadji Kalla untuk membagikan sembako ramadhan ke 13 kabupaten-kota di wilayah Sulawesi Selatan.

Yayasan Hadji Kalla juga memberikan apresiasi kerja-kerja pemberdayaan dan charity yang telah dilakukan oleh lembaga-lembaga amil yang ada di Sulawesi Selatan, sehingga berinisiatif untuk menggandeng lembaga-lembaga amil tersebut dalam proses pembagian sembako dan Al-Qur’an dengan harapan agar bantuan yang disebarkan betul-betul menyentuh sasaran dan bermanfaat. Masyarakat yang dituju adalah masyarakat penerima PKH dan warga miskin di desa binaan lembaga-lembaga amil zakat.

Selain bekerja sama dengan lembaga amil, Yayasan Hadji Kalla juga melakukan pembagian sembako bekerjasama  dengan Hadji Kalla Toyota di seluruh cabang yg ada di Sulawesi. Sebagaimana diketahui bahwa PT. Hadji Kalla Toyota yang merupakan salah satu unit bisnis Kalla Group mempunyai lini cabang yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Sulawesi, sehingga akan memudahkan saat distribusi sembako dilakukan.

Salman Febriyansyah, Program Manager Islamic Care, Yayasan Hadji Kalla berharap bahwa dari pertemuan tersebut, maka sinergi dalam pembagian sembako maupun Al-Quran yang akan dijalankan oleh Yayasan Hadji Kalla bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait bisa terlaksana dengan lancar.

Sementara itu, Arman Syam, yang merupakan perwakilan dari Inisiatif Zakat Indonesia menuturkan bahwa program pembagian paket sembako yg diinisiasi oleh Yayasan Hadji Kalla dengan melibatkan peran serta Lembaga Amil Zakat & Lembaga Sosial di Sulawesi Selatan adalah sebuah teroboson yg positif, apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan di 24 kabupaten kota. Rata-rata, binaan LAZ khususnya IZI adalah wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar), sehingga tepat sasaran dan bisa menjangkau lebih luas lagi, sebagaimana Tema Ramadhan IZI tahun ini “Gotong Royong dengan Zakat”.

“Kami atas nama Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan, menyampaikan Apresiasi atas kesempatan yg diberikan oleh Yayasan Kalla dalam bersinergi dan menghadirkan kemudahan bagi saudara-saudara kita yg membutuhkan, semoga barokah untuk jajaran pimpinan, staf dan segenap Karyawan Kalla Group”. Tandasnya.

Ahmad Hunain, dari LazisMu Sulsel, menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan PT. Hadji Kalla, sehingga LazisMu Sulsel dapat berkolaborasi melakukan aksi pembagian paket ramadhan kepada kaum dhuafa. Penerima manfaat melalui jaringan LazisMu Sulsel dan Laz yang lain akan berusaha se-maksimal mungkin dalam mengoptimalkan kegiatan di bulan ramadhan.

“Tentunya, kami berharap bukan kali ini saja kami berkolaborasi tetapi untuk kegiatan-kegiatan berkelanjutan lainnya agar pengaruh (impact) program tersebut dapat dirasakan betul oleh masyarakat dhuafa”. Pungkasnya.

(Bur/Ria)