Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Tahun ini adalah untuk pertama kalinya Yayasan Hadji Kalla melakukan penyaluran paket sembako idul fitri untuk warga dhuafa di 60 wilayah kabupaten dan kota di empat provinsi, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Sebanyak 10.000 paket akan disalurkan jelang lebaran idul fitri 1443 H.

Distribusi dipusatkan di Hotel Sahid Jaya Makassar, Jl. Dr. Sam Ratulangi Makassar. Dalam prosesnya, program rutin dari Bidang Islamic Care ini dikawal dan diawasi langsung oleh Manager Islamic Care Salman Febriyansyah bersama timnya. Distribusi sendiri bekerja sama dengan jasa pengangkutan Kalla Transport & Logistic yang kemudian paket akan dkirim ke setiap cabang Kalla Toyota yang ada di setiap kabupaten dan kota di empat wilayah Provinsi Sulawesi. Tiap kantor cabang Kalla Toyota menjadi mitra Yayasan Hadji Kalla dalam proses penyaluran paket sembako ramadhan.

Yayasan Hadji Kalla juga bekerja sama dengan beberapa lembaga amil mitra dan juga setiap kantor cabang Kalla Toyota yang ada di Sulawesi dalam proses distribusi sembako ke wilayah-wilayah terpencil dan sulit dijagkau seperti Luwu dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Diharapkan dengan adanya kerja sama bersama lembaga amil  tersebut, yang telah memiliki jaringan relawan lokal di berbagai daerah bisa mempermudah dan mempercepat proses penyaluran sembako ramadhan Yayasan Hadji Kalla.

Salman Febriyansyah, Manager Islamic Care Yayasan Hadji Kalla menjelaskan bahwa distribusi 10.000 paket sembako untuk 60 wilayah kabupaten dan kota yang ada di empat provinsi telah dimulai pada pekan kedua ramadhan.

“Distribusi di beberapa kabupaten akan dibantu oleh cabang Kalla Toyota dan sebagian lagi dibantu oleh mitra lembaga amil yang telah bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla. Kalla Toyota sendiri kemudian dipilih sebagai mitra distribusi untuk mewakili Kalla Group secara keseluruhan dan tentunya Yayasan Hadji Kalla untuk menunjukkan bahwa kita punya kepedulian besar terhadap masyarakat dhuafa yang membutuhkan,” jelas Salman.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa lembaga amil lain juga menjadi mitra dalam program ini untuk mempercepat distribusi paket sembako ke banyak wilayah yang sulit dijangkau.

Daeng Sangnging, salah seorang penerima manfaat yang berasal dari Kabupaten Gowa mengaku sangat senang mendapat bantuan paket sembako dari Yayasan Hadji Kalla, “Terima kasih banyak nak sudah dibantu, senang sekali bisa dapat sembako, ada juga sarung. Alhamdulillah bisa dipakai untuk lebaran nanti”, ujarnya kepada tim Yayasan Hadji Kalla.

Program ini merupakan bantuan rutin yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla setiap menjelang idul fitri. Lewat bantuan ini, Yayasan Hadji Kalla telah membantu meringankan beban puluhan ribu warga dhuafa di berbagai wilayah di empat provinsi Sulawesi menjelang hari raya.

 

(Br)