YayasanHadjiKalla.co.id – Sekali lagi, Yayasan Hadji Kalla latih pengurus mesjid se-Kabupaten Pangkep. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMKN 1 Bungoro jalan Sambung Jawa, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep bekerjasama dengan Ikatan Alumni (IKA) SMAN 1 Pangkep 93.

Berdasar dari IKA Smansa Pangkep telah mengajukan permintaan pelatihan kepada Yayasan Hadji Kalla, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan bantuan pihak sekolah sebagai penyedia fasilitas, Selasa, 27 Desember 2016.

Sebanyak 127 peserta mengikuti pelatihan, terdiri dari 126 mesjid yang berada di Pangkep. Masing-masing pengurus mesjid mengirimkan perwakilan peserta untuk belajar terkait sound system dan maintenance.

“Kami tidak menyangka peserta akan membludak seperti ini, dari pihak yayasan hanya menargetkan 50 peserta tetapi antusias dari pengurus dan panitia dari IKA Smansa sangat baik hingga menghadirkan peserta sebanyak ini, “ujar Heryanto supervisor comdev Yayasan Hadji Kalla saat memberikan sambutan kepada peserta yang hadir.

Kepala sekolah SMKN 1 Bungoro Pangkep Drs. H. Muh Akbar Parollei MM menambahkan, para peserta pelatihan ini diharapkan kedepan setiap mesjid memiliki teknisi khusus untuk memperbaiki pengeras suara mesjid ketika sedang bermasalah.

4 orang teknisi sound system Yayasan Hadji Kalla menyampaikan materi tentang cara menyambungkan Amplifier TOA dengan Horn TOA (Corong), cara mengatasi masalah kerusakan pada perangkat sound system di mesjid, serta melatih peserta untuk mencari kerusakan kecil pada sound system mesjid.

Setelah materi disampaikan, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan praktek langsung terkait cara mensetting mixer, menyambungkan spiker ke mixer dan cara mengganti Spul Horn TOA. Praktek ini dilakukan agar peserta dapat memahami langsung pengerjaannya.

Praktek langsung bertahap karena alat yang digunakan hanya satu mixer, tutur Muhlis teknisi sound system Yayasan Hadji Kalla.

“Sebagian besar pengurus mesjid kurang pengetahuan tentang sound system. Dengan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pangkep ini, kami berharap Yayasan Hadji Kalla terus berbagi pengetahuan dan bantuan kepada mesjid-mesjid yang ada” ucap Muhammar Muhayang ketua panitia pelaksana dan ketua IKA Smansa Pangkep 93.

Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari.

2016-12-28T02:45:31+00:00