Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Langkah awal untuk program tahun 2020 telah dimulai Yayasan Hadji Kalla. Berbagai pertemuan telah dilakukan bersama dengan para implementor program dari berbagai instansi dan kelembagaan, hal tersebut tentu dilakukan guna bisa mencapai target pelaksanaan program yang tepat sasaran serta terukur. Salah satu implementor yang bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla untuk program-program keislaman di tahun 2020 adalah, STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab) Makassar.

Yayasan Hadji Kalla diwakili Manager Bidang Islamic Care, Salman Febriyansyah bersama dengan Ria Supratman, Officer Bidang Islamic Care melakukan silaturahmi dalam rangka koordinasi bersama dengan perwakilan dari pengurus Kampus STIBA Makassar di Kampus STIBA jalan Inspeksi PAM, Manggala, Kec. Manggala, Kota Makassar.

STIBA diwkili oleh pengurus,  Ustadz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D, selaku ketua STIBA Makassar, dan Bapak Arif Patang S.Hi, Kepala Bidang Dana dan Usaha menyambut perwakilan dari Yayasan Hadji Kalla. Agenda pertemuan tersebut adalah dalam rangka koordinasi antara Bidang Islamic Care Yayasan Hadji Kalla dengan STIBA Makassar selaku implementor Program Keislaman. Pertemuan ini untuk menjelaskan scope kegiatan dan program yang akan dikerjasamakan antara kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa hal, antara lain: 1). Pelaporan dan evaluasi hasil kerjasama program tahun 2019; 2). Program kerjasama Tebar Dai, yaitu melakukan pengiriman dai untuk melakukan ceramah keagamaan, menjadi imam masjid, dan pengajar TPA, di mana program tersebut akan dilaksanakan sepanjang tahun 2020; dan 3). Implementasi program Pendidikan Islam di mana STIBA Makassar sebagai salah satu penerima manfaat tahun 2020, yaitu berupa pembangunan sarana dan fasilitas kampus berupa Food Court dan Mart.

Arif Patang selaku pengurus berharap dengan adanya pertemuan tersebut, maka akan ada rencana dan strategi implementasi program yang baik antara kedua belah pihak sehingga program yang dijalankan bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Sebelum melakukan MOU kerjasama pada salah satu program Keislaman dari Yayasan Hadji Kalla, STIBA Makassar sebagai calon implementor program akan melakukan persiapan baik pra-implementasi (assessment) maupun pada saat pelaksanaan program khususnya yang bersifat teknis.

Diharapkan bahwa dengan adanya kerjasama,  program keislaman yang dijalin Yayasan Hadji Kalla dengan lembaga-lembaga  dakwah, amil zakat dan Keislaman yang ada di Sulsel termasuk STIBA Makassar, dapat memberi manfaat kepada umat baik dalam hal kualitas hidup maupun ukhuwah kebangsaan.

(Bur/Salman)