Yayasanhadjikalla.co.id; Gowa – Melanjutkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat, Yayasan Hadji Kalla bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sulawesi Selatan terus memberikan perhatian besarnya di Dusun Borongbulo yang ada di Kecamatan Bontolempangang, Kabupaten Gowa.

Kali ini, program pemberdayaan ekonomi diberikan dalam bentuk pemberian bantuan berupa hewan ternak, yaitu kambing untuk masyarakat ekonomi rendah yang ada di dusun tersebut. Terdapat 16 warga yang menerima bantuan dari program ini untuk tahap pertama. Dengan pemberian indukan kambing ini, diharapkan masyarakat dapat menjadi lebih mandiri dari segi ekonomi.

Acara serah terima kambing ternak dilaksanakan Rabu (20/11/2019) di Dusun Borongbulo. Turut hadir beberapa stakeholder dari pihak pemerintah, di antaranya adalah Kepala Desa Paranglompoa; H. Muh Yusuf, Sekretaris Camat Bonto Lempangang; Rasdiana Umar dan Perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten Gowa Bidang Produksi dan Penyebaran Ternak; Muhammad Haerul Aswar. Hadir pula Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla; Mohammad Zuhair, dan Kepala Cabang IZI Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Paranglompoa, H. M. Yusuf dan Sekretaris Camat Kecamatan Bonto Lempangang, Rasdiana Umar, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Yayasan Hadji Kalla dan IZI Sulsel karena telah konsisten dalam membantu pemerintah memberdayakan ekonomi masyarakat di Dusun Borongbulo. Tanggapan positif juga datang dari M. Haerul Aswar, Kepala Bidang Produksi dan Penyebaran Ternak selaku perwakilan dari Dinas Peternakan Kabupaten Gowa.

“Hal pertama yang ingin saya sampaikan tentu adalah terima kasih kami kepada Yayasan Hadji Kalla dan IZI Sulsel karena telah ikut membantu pemerintah dalam menyukseskan program-program nasional. Saya berharap bahwa masyarakat yang menerima bantuan bisa menjaga dan merawat kambing yang diberikan dengan sebaik-baiknya”, jelasnya.

Haerul menambahkan bahwa jika masyarakat membutuhkan bantuan seperti dokter hewan dan tenaga bantuan lain, maka ia selalu siap karena memang telah menjadi tugas dari dinas peternakan Kabupaten Gowa.

IZI Sulsel yang langsung diwakili oleh kepala cabang, Arman, menyampaikan bahwa pemberian bantuan kambing ternak merupakan program ketiga setelah pembinaan TPQ dan Majelis Taklim.

Mohammad Zuhair, selaku Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla menyampaikan bahwa program-program pemberdayaan ekonomi seperti ini akan terus dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Kalla Group.  

“Pertama yang akan saya sampaikan adalah apa yang kita lakukan hari ini merupakan awal yang baik untuk bisa mencapai target-target besar lain ke depannya, karena bukan hanya penerima pertama yang akan menikmati ini, namun kita harapkan semua warga bisa menikmati dan saling membantu dalam menjalankan program yang hari ini kita inisiasi bersama. Ke depannya kami dari Yayasan Hadji Kalla akan terus mengembangkan program-program berkelanjutan untuk terus membantu dalam memberdayakan masyarakat”. Jelas Mohammad Zuhair.

Ia juga berharap bahwa dengan bantuan yang diberikan kepada masyarakat, terutama kambing ternak ini, dapat membuat masyarakat semakin mandiri.

Dalam acara serah terima kambing ternak tersebut, juga ditampilkan santri dan ibu-ibu majelis taklim hasil binaan Yayasan Hadji Kalla dan IZI Sulsel. Melalui kegiatan ini, Yayasan Hadji Kalla dan IZI memperkenalkan giat apa saja yang telah dilakukan untuk memberdayakan masyarakat Dusun Borongbulo dalam rangka pemberdayaan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

(Bur)