Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Setiap umat Muslim tentu tahu dan paham bahwa Al-Quran sebagai kitab suci mempunyai berbagai macam keutamaan. Jika ditelaah lebih dalam, Al-Quran yang diserukan sebagai pedoman, mempunyai solusi untuk hampir seluruh sendi kehidupan manusia. Membaca Al-Quran merupakan salah satu perintah bagi umat Islam. Jika dijalankan tentu mendapat ganjaran atau pahala yang besar. Apalagi jika bisa mengamalkan isinya, maka pahala akan semakin berlipat-lipat.

Melihat besarnya keutamaan tersebut, Yayasan Hadji Kalla melalui Bidang Islamic Care mencetak sebanyak 7000 mushaf Al-Quran untuk dibagikan ke masyarakat di seluruh wilayah kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Program ini adalah program rutin dari Bidang Keislaman Yayasan Hadji Kalla dan dilakukan setiap ramadhan. Sebanyak 7000 mushaf dibagikan dengan melibatkan perusahaan-perusahaan di bawah Kalla Group dan juga lembaga amil zakat di Sulsel seperti; Human Initiative, Rumah Zakat, Inisiatif Zakat Indonesia, BSMI, dan Dompet Dhuafa.

Pembagian yang melibatkan karyawan dari setiap perusahaan di bawah Kalla Group menjadi unik, karena seperti yang banyak orang tau, bahwa Kalla Group memiliki banyak karyawan dari berbagai latar belakang kedaerahan dan suku, bahkan hingga ke daerah pelosok. Mereka yang berasal dari daerah itulah yang membawa mushaf Al-Quran dan dibagikan ke tempat mereka masing-masing, mulai dari masjid, komunitas majelis ilmu hingga lembaga sosial.

Sri Wulandari, seorang staf dari Kalla Kars menceritakan bahwa masjid yang ada di dekat rumahnya di Kecamatan Keppe, Enrekang sangat memprihatinkan karena banyak mushaf yang telah rusak dan robek, sedang Masjid Raudatul Jannah, tempat Ia belajar mengaji sejak kecil punya jemaah yang cukup banyak dan butuh Al-Quran yang lebih layak untuk dibaca.

Saat mendengar kabar akan mendapat Al-Quran dari Yayasan Hadji Kalla untuk dibagikan ke kampung masing-masing, Ia sangat antusias hingga akhirnya berhasil mendistribusikan mushaf yang diamanahkan kepadanya. “Ada dua masjid yang mendapat Al-Quran, yakni Masjid Raudatul Jannah di Kecamatan Keppe, Enrekang dan Masjid An-Nur di Desa Ajakkang, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru. Semoga mushaf yang kita bagikan itu bisa membawa kebaikan untuk warga di kampung”, ujar Wuland, sapaan akrabnya.

Program rutin tebar Al-Quran dari Islamic Care Yayasan Hadji Kalla ini akan terus dijalankan pada tahun-tahun mendatang untuk bisa terus menjangkau berbagai masjid yang ada di Sulawesi Selatan agar mendapat mushaf Al-Quran yang layak.

(Bur)