Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla kembali menjalankan program bantuan paket Ifthar (buka puasa) untuk 75 Masjid, lembaga dan masyarakat dhuafa di Kota Makassar, program ini berjalan selama 25 hari ramadhan dimulai di hari kelima hingga akhir ramadhan. Jika ditotal, maka ada lebih dari 27.000 peket ifthar yang akan terus dibagikan selama ramadhan kepada masyarakat dhuafa. Pemberian bantuan paket ifthar ini adalah program rutin dari Yayasan Hadji Kalla setiap tahunnya di bulan ramadhan.

Jika sebelumnya program pembagian paket Ifthar masjid ini terpusat di beberapa lokasi yang memang sudah menjadi “langganan” untuk dibantu setiap tahunnya, maka tahun ini menjadi unik, karena dari 75 masjid yang dibantu, semuanya berada di wilayah dengan jumlah warga dhufa yang cukup banyak, data tersebut dihimpun dari Basis Data Terpadu (BDT) 2022, kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar. Berdasarkan data dari BPS ini, maka Yayasan Hadji Kalla memutuskan 75 Masjid di berbagai titik di Kota Makassar mendapatkan bantuan paket ifthar. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan dari Yayasan Hadji Kalla menyasar orang-orang yang tepat dan memang membutuhkan.

Officer Bidang Islamic Care Yayasan Hadji Kalla, Syafei Karsali menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan diharapkan bisa banyak membantu masyarakat dhuafa di sekitaran masjid.

“Program ini merupakan bantuan rutin kita di Yayasan Hadji Kalla dan kita berharap bahwa semoga dengan bantuan ini, maka masyarakat dhuafa yang ada di beberapa lokasi masjid di Kota Makassar bisa merasakan buka puasa yang lebih baik. Yang berbeda tahun ini, kita kerjasama dengan BPS Kota Makassar untuk mendapatkan data-data, di mana saja lokasi masjid yang disekitarnya banyak warga yang tergolong dhuafa. Kita semua berharap bahwa dengan banyaknya kita memberi makan orang-orang yang membutuhkan, maka semakin besar juga berkah yang didapatkan oleh perusahaan kita, Kalla Group”, jelasnya.

Program ini juga bekerjasama dengan beberapa mitra Lembaga Amil lain dalam proses distribusi bantuan ifthar.

Muhammad Hikram, selaku pengurus masjid Nurul Iman, Pannara, yang berada di Kecamatan Manggala  menyampaikan ucapan syukur dan terima kasihnya atas bantuan yang didapatkan. Ia berharap bahwa bantuan bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya, sehingga bisa lebih banyak membantu masyarakat dhuafa, terutama yang ada di sekitar masjid tersebut.

 (Br)