Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar Tingkatkan kemampuan para pengurus masjid dalam pengelolaan dan manajemen, Yayasan Hadji Kalla bekerja sama dengan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), adakan program Webinar Pelatihan Manajemen Masjid dengan tema Kupas Tuntas Seputar Manajemen Masjid di Era New Normal pada Sabtu, 26 September 2020.

Webinar ini menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing, di antaranya adalah; drg. Muh. Arief Rosyid, M.KM (Ketua Pemuda Dewan Masjid Indonesia), Ronny Mahmuddin, Lc, M.A (Ketua Komisi Ibadah Dewan Syariah Wahdah Islamiyah), dan dr. Syamsuddin (Ketua Tim Ahli Kesehatan Wahdah Islamiyah). Adapun materi-materi yang dibahas adalah membangun generasi masjid yang produktif dan berkelanjutan, memakmurkan masjid di tengah pandemi, dan tips mengelola masjid yang aman dan sehat.  

Pelatihan secara daring ini dipilih karena mengingat bahwa sekarang masih dalam kondisi darurat karena pandemi. Salman Febriyansyah, selaku Manager Bidang Islamic Care, Yayasan Hadji Kalla menjelaskan bahwa pelatihan secara daring ini dinilai sudah tepat dan bisa menjangkau para pengurus masjid yang ada di daerah-daerah di Sulawesi Selatan dengan lebih efektif tanpa harus berkumpul di suatu tempat yang tentunya akan memakan waktu yang lebih lama dalam implementasinya.

Prgram Pelatihan Manajemen Masjid ini adalah inisiasi program dari Yayasan Hadji Kalla yang bekerjasama dengan lembaga WIZ sebagai implementor. Dalam program ini, diambil tema tentang manajemen masjid di era new normal karena melihat kondisi bahwa pendemi covid-19 menjadi sangat besar pengaruhnya terhadap masjid yang ada di berbagai wilayah. Banyak dari masjid tersebut harus ditutup sementara untuk menghindari penyebaran virus corona. Lewat pelatihan ini, diharapkan bahwa pengurus masjid bisa lebih pandai dalam mengelola masjid mereka di tengah terpaan pandemi.

Menurut Ronny Mahmuddin, masyarakat masih menjadi elemen yang sangat penting dalam memakmurkan masjid di tengah terpaan pandemi, masyarakat harus punya kemampuan dan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana menciptakan iklim ibadah yang tepat dan stabil di masjid agar setiap orang yang datang ke masjid bisa tetap merasa aman dan nyaman meski dalam kondisi darurat covid-19. “Memang masyarakat jadi elemen penting dalam pengelolaan masjid ini, masyarakat harus bisa dan punya pengetahuan yang cukup bagaimana semestinya masjid dikelola dengan berbagai aturan protokol kesehatan yang tepat. Tentu hal ini dimaksudkan agar masjid tetap menjadi tempat yang aman bagi para jamaah dalam menjalankan ibadah sholat”., terangnya.

Sementara itu, Ikhsan Radi, seorang peserta, pengurus Masjid Nurul Taufik, Bajeng, Gowa, merasa bahwa informasi yang Ia dapatkan melalui webinar ini sangat-sangat bermanfaat karena Ia bisa jadi tau hal-hal yang penting dalam pengelolaan masjid di tengah terpaan pandemi. “Webinar ini sangat baik dan informatif bagi saya dan teman-teman pengurus masjid yang lain, bisa memberikan wawasan baru untuk kami dalam mengelola masjid. Kami ucapkan terima kasih kami juga kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah mengadakan webinar gratis ini kepada kami semua”, tandasnya.

(Bur)