Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Pererat tali persaudaraan bersama dengan Nahdlatul Ulama, Yayasan Hadji Kalla hibahkan tanah seluas seribu meter persegi. Rencananya, tanah tersebut akan digunakan untuk membangun Gedung The Aswaja Center NU.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima langsung tanah hibah dari Yayasan Hadji Kalla untuk pembangunan Gedung The Aswaja Center NU secara simbolis di Saoraja Ballroom, Gedung Wisma Kalla pada Senin (07/12/2020). Tanah hibah seluas 1000 meter persegi yang dihibahkan tersebut terletak di Jalan Abdul Kadir, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Hibah tanah tersebut merupakan hasil perjanjian kerjasama Yayasan Hadji Kalla dengan PCNU Makassar sejak 2 Februari 2020 saat peringatan Harlah NU ke 94.

Serah terima tanah hibah secara simbolis ditandai dengan penandatanganan bersama Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla dan Rais Syuriyah PCNU Kota Makassar, Anregurutta KH. Baharuddin HS yang berlangsung di Wisma Kalla, Senin (7/12/2020).

Penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh Bendahara PWNU Sulsel, H. Mustamin Ansar yang juga merupakan Mustayar PCNU kota Makassar. Disaksikan pula seluruh jajaran pengurus, Lembaga dan Lajnah, Badan Otonom dan Majelis Wakil Cabang (MWC) se-Kota Makassar. Dari pihak Kalla Group sendiri, hadir langsung Presiden Direktur Kalla Group, Solihin Jusuf Kalla dan beberapa orang direksi serta pengurus Yayasan Kalla. Prosesi penyerahan secara simbolis tersebut dihadiri oleh puluhan tamu dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Para tamu diwajibkan menggunakan masker dan juga menjaga jarak aman selama acara berlangsung.

Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla mengungkapkan bahwa penyerahan tanah hibah ini merupakan tindak lanjut dari permohonan dan kerjasama PCNU Kota Makassar beberapa waktu yang lalu.

“Penyerahan tanah hibah Ini juga merupakan persetujuan dari Bapak Jusuf Kalla,” ujar Fatimah Kalla saudara kandung Jusuf Kalla (JK) di hadapan pengurus NU Kota Makassar.

Fatimah Kalla mengungkapkan, bahwa sebagai anak dari keluarga besar Nahdlatul Ulama sudah semestinya keluarga besar Kalla Group mendorong untuk membesarkan organisasi NU dengan berbagai bentuk dukungan, salah satunya dengan bantuan berupa tanah hibah. “Dengan adanya Aswaja Center nantinya, warga Nahdiyyin mestinya akan lebih bisa memperkuat dan membesarkan NU, juga menyebarkan nilai-nilai Aswaja di tengah-tengah masyarakat  kota Makassar”, sambungnya.

“Semoga doa-doa kita semua bisa membangkitkan Makassar, dan nantinya pembangunan Gedung Aswaja Center NU segera bisa dilaksanakan”, Lanjut Fatimah Kalla.

Sementara itu, Rois Syuriah PCNU Kota Makassar, Anregurutta KH. Baharuddin HS menyampaikan rasa syukur dan terima-kasihnya kepada Yayasan Hadji Kalla. Menurutnya, penyerahan tanah hibah ini merupakan penghargaan besar bagi warga Nahdiyyin.

“Inilah yang diharapkan dan ditunggu-tunggu pengurus kita. Kenapa? Karena orang tua dari ibu Fatimah Kalla, yaitu almarhum Hadji Kalla adalah asilinya NU, pendiri NU bahkan pernah menjadi bendahara NU di tahun 80-an”, terang Ketua MUI Makassar itu.

Baharuddin juga menegaskan bahwa dengan adanya pemberian tanah hibah tersebut. Warga NU kota Makassar mempunyai kewajiban tersendiri, yaitu melihat dan harus terlibat langsung dalam peletakan batu pertama pembangunan Gedung The Aswaja Center.

“Makanya kita semua warga NU harus sama-sama kerja keras agar pembangunan Gedung The Aswaja Center ini segera bisa dilaksanakan”, jelas Baharuddin.

Bantuan hibah tanah tersebut merupakan bukti nyata eratnya hubungan antara Yayasan Hadji Kalla dengan NU. Kerja sama antara keduanya akan terus berlanjut,  tentunya dengan tujuan untuk menebarkan ajaran-ajaran kebaikan Islam untuk seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

(Bur)