Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Gandeng Yayasan Hadji Kalla, Lembaga Ruang Kerja Ukhuwah membuat sebuah program dengan tema Program Desa Ukhuwah Berdaya, yang fokus utamanya pada kegiatan pengabdian dan pendampingan masyarakat desa. Desa yang menjadi wilayah dampingan dalam program ini adalah Desa Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep dan dilaksanakan pada 3-10 mei 2021.

Ruang Kerja Ukhuwah merupakan Lembaga yang bergerak dibidang pengkajian, pengembangan dan pengabdian masyarakat desa yang berdiri  pada awal tahun 2020. Tujuan utama pembentukan lembaga ini adalah untuk mewadahi masyarakat yang memiliki semangat dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan. Adapun beberapa program yang akan dijalankan tidak hanya berfokus kepada pengabdian saja, melainkan terdapat beberapa program yang bergerak pada bidang pengkajian dan pengembangan terhadap isu-isu terkait dengan upaya untuk mengentaskan kesenjangan sosial, ketertinggalan masyarakat, baik  itu di bidang pendidikan, ekonomi, teknologi dan juga infomasi.

Salah satu program yang akan dilaksanakan di tahun 2021 oleh Ruang Kerja Ukhuwah yang dibantu oleh program Aktif Positif Yayasan Hadji Kalla adalah Program Desa Ukhuwah Berdaya, yang fokus utamanya pada kegiatan pengabdian dan pendampingan masyarakat desa. Beberapa aspek yang menjadi perhatian utama, di antaranya; Pengembangan aktivitas masjid sebagai pusat pendidikan dan ekonomi masyarakat berbasis nilai-nilai Islam, pengembangan aktivitas guru sekolah formal melalui pelatihan peningkatan kapasitas di bidang pengajaran, serta pengembangan aktivitas remaja melalui pelatihan manajemen, kepemimpinan dan penguasaan Bahasa asing serta keterampilan literasi lainnya.

Program Desa Ukhuwah Berdaya diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan berbagai aspirasi dan kebutuhan masyarakat Desa untuk kembali berdaya dan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bersifat berkelanjutan kedepannya.

Bagi masyarakat desa, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mempererat kembali tali silaturahim dengan menjadikan Mesjid sebagai pusat pengkajian dan pengembangan masyarakat setempat. Sementara bagi Lembaga Ruang Kerja Ukhuwah, kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk kontribusi terhadap kebutuhan ummat yang menjadi salah satu fokus utama menjalankan lembaga.

Peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah para pemuda desa, remaja masjid, anak-anak, serta para guru PAUD, TK dan SD. Kegiatan Program Desa Ukhuwah yang dijalankan adalah, Latihan Dasar Kepemimpinan bagi Remaja Mesjid, Pelatihan Mendongeng untuk Guru PAUD, TK dan SD, kegiatan Bakti Sosial serta Kelas Ceria (Kelas Mewarnai dan Kelas Kaligrafi), dan terakhir ada Lomba Ukhuwah Ceria. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah sebanyak 120 orang dan dilaksanakan selama delapan hari.

Dana yang didapatkan dari program Aktif Positif, Yayasan Hadji Kalla telah mempu meng-cover seluruh kegutuhan biaya kegitan yang di inisiasi.

Hamirah, ST selaku Lurah di Kelurahan Balleangin, membuka langsung kegiatan Desa Ukhuwah Berdaya ini dan berharap bisa terus mendapatkan pendampingan seperti ini di masa-masa yang akan datang.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Lembaga Ruang Kerja Ukhuwah dan juga untuk pihak Yayasan Hadji Kalla yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di desa kami. Kegiatan yang tidak hanya berfokus kepada tenaga pendidik, namun juga kepada para pemuda dan anak-anak di Kelurahan Balleangin yang sama antusiasnya. Melihat antusias anak-anak dalam kegiatan kaligrafi, mewarnai dan juga lomba-lomba keagamaan yang diselenggarakan, seperti Lomba Adzan, Hapalan Surah Pendek ini akan melatih keberanian anak-anak untuk tampil didepan umum dan juga menjadi bekal bagi pemuda dan anak-anak untuk terus belajar mendalami ilmu agama yang juga nantinya akan berguna bagi seluruh elemen di Kelurahan Balleangin”, jelas Hamirah kepada tim Yayasan Hadji Kalla.

(Bur)