Yayasanhadjikalla.co.id; Yayasan Hadji Kalla ikut berpartisipasi dalam kegiatan FIFest 2022. Kegiatan FIFest 2022 dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan rekaman ulangnya dapat disaksikan kembali pada YouTube Channel Filantropi TV. Forum yang dilaksanakan menghadirkan para narasumber dengan multisektor seperti forum dari beberapa klaster filantropi yakni Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi serta Klaster Filantropi Zakat on SDGs.

Agenda utama dari pelaksanaan FIFest 2022 juga dimaksudkan sebagai peluncuran Indonesia Philanthropy Outlook 2022 yaitu publikasi dari studi yang dilakukan Filantropi Indonesia dan Lembaga Riset KedaiKOPI. Riset publikasi tersebut dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2022 yang bertujuan menunjukkan hasil dan perkembangan filantropi terhadap percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), khusus di Indonesia.

Rangkaian FIFest 2022 dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni sampai 30 Juni 2022, dimana pendaftaran tiap sesi dilakukan melalui website www.fifest.id dengan jadwal sesi dapat dicek pada https://www.instagram.com/fifest.id/ .

Filantropi Indonesia telah mengeluarkan Rencana Strategis (Renstra) 2021-2024. Sebagai tujuan strategis Filantropi Indonesia, Filantropi Hub diharapkan menjadi “centerpoint” dari kegiatan-kegiatan  Filantropi Indonesia untuk membangun ekosistem filantropi di Indonesia. Empat pilar yang dimaksud yaitu:

  1. Untuk memobilisasi aksi kolektif (gotong-royong) dan membangun komunitas filantropis yang kuat serta mendorong berbagi pelajaran dan praktik terbaik.
  2. Mengkatalisasi dan memelihara kepemimpinan filantropi melalui ko-kreasi dan kolaborasi.
  3. Membangun sistem pemantauan dampak yang kuat untuk melacak tujuan bersama kami menuju SDGs.
  4. Mendukung pembentukan pembiayaan inovatif yang akan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs.

Dalam FIFest2022, kegiatan-kegiatan yang dilakukan didorong untuk menunjukkan peran  Filantropi Indonesia dalam membangun ekosistem Filantropi Indonesia dalam kerangka Filantropi Hub.

✔       Derek Ray-Hill, Director of International Strategy Charities Aid Foundation

✔       Alice de Moraes Amorim Vogas, Project Coordinator Global Philanthropy for Climate Movement WINGS

✔       Klaus Milke, Chair of the Steering Group of FOUNDATIONS 20

✔       Helen Mountford, President & CEO ClimateWorks Foundation

✔       Rachmat Witoelar, Mantan Menteri Lingkungan RI periode 2004-2009 & Utusan Presiden untuk Perubahan Iklim

✔       Franciscus Welirang, Co-Founder & Ketua Dewan Penasihat Filantropi Indonesia

✔       Dr. Ir. Arifin Rudiyanto, MSc, Plt. Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas RI

✔       Vivi Yulaswati, Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, dan Kepala Sekretariat Nasional SDGs

✔       Arifin Purwakananta, Deputi BAZNAS Indonesia

✔       Yunita Triwardani Winarto, Dewan Pembina Yayasan Bina Swadaya

✔       Dian A. Purbasari, Direktur Yayasan Bakti Barito

✔       M. Zuhair, Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla

✔       Okty Damayanti, Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri

✔       Amelia Fauzia, Direktur Eksekutif Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

✔       Suzanty Sitorus, Wakil Ketua Badan Pengurus Filantropi Indonesia

✔       Rizal Algamar,  Ketua Badan Pengurus Filantropi Indonesia

✔       Gusman Yahya, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia

✔       Agus Sari, CEO Landscape Indonesia

✔       KH Wahfiudin Sakam SE, MBA, Dewan Syariah DD, Wk. Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat

✔       Kunto A. Wibowo, Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI

✔       Dr. Dolly Priatna, Direktur Eksekutif Belantara Foundation

✔       Hening Parlan, Ketua ‘Aisyiyah Muhammadiyah

✔       Guntur Sutiyono, Indonesia Country Lead dari Climateworks Centre

✔       Lucius Dinto P, Sustainable Business Monitoring & Reporting Manager Unilever Indonesia Foundation

✔       Arif R. Haryono, GM Advokasi & Aliansi Strategis Dompet Dhuafa

✔       Chandra Sugarda, Gender, Disability & Social Inclusion Specialist

✔       Ranitya Nurlita, Pegiat Lingkungan dan DDV Specialist

✔       Peserta forum > 250 orang yang hadir pada Zoom dan 439 yang menonton kembali sesi FIFest 2022 yang telah dilaksanakan

Selama acara berlangsung, FIFest 2022 mendapatkan respon positif dari para peserta dan para philantrophys actor,  dan Social Enterprise CEO/Founder yang mengikuti kegiatan tersebut. Diskusi interaktif melalui kolom pertanyaan pada Zoom mengundang peserta dan para pelaku sektor aktif berbagi praktik baik hingga pengalaman progres program masing-masing, dalam percepatan pencapaian TPB/SDGs. Sebanyak 30 liputan media telah menyebarkan informasi dan sesi terkait FIFest 2022 dengan berbagai topik, yang dapat menjadi kontribusi yang berkelanjutan dari bidang filantropi di Indonesia.

Franciscus Welirang (Co-Founder & Ketua Dewan Penasihat Filantropi Indonesia)  menyampaikan bahwa FIFest2022 ini sebagai ajang untuk belajar dan berbagi Informasi serta memperkuat kolaborasi didalam memajukan sector Filantropi.

“Semoga organisasi filantropi lain dapat bergabung untuk sama-sama membantu dan merangkul. Kami membantu memfasilitasi dalam pembelajaran atau transformasi serta semangat kolaborasi para organisasinya.” Ujar Alice de Moraes Amorim Vogas (Project Coordinator – Global Philanthropy for Climate Movement WINGS)  .

Adapula Franciscus Welirang (Co-Founder & Ketua Dewan Penasihat Filantropi Indonesia)  menyampaikan bahwa “Melalui festival filantropi dan pemaparan Indonesia Philanthropy Outlook 2022 kita akan disuguhkan beragam informasi mengenai perkembangan dan kemajuan sektor filantropi dalam 3 tahun terakhir.”

Rizal Algamar selaku Ketua Badan Pengurus Filantropi Indonesia menyampaikan  terima kasihnya kepada pihak Yayasan Hadji Kalla karena telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan FIFest. “Yayasan Hadji Kalla sebagai bagian dari Filantropi Indonesia telah menunjukkan bukti dukungan nyatanya dalam kegiatan kita ini, semoga kedepannya kita bisa semakin banyak bersinergi  untuk banyak kegiatan lain.” Pungkasnya.