Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Belajar kelestarian lingkungan dan ekosistem wilayah pesisir, Komunitas Ocean Trip Makassar bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla berikan ilmu untuk anak-anak di wilayah peisisr Lantebung (15-17/7/2021). Program belajar untuk anak-anak ini dilaksanakan di wilayah  Ekowisata Mangrove Lantebung, Jl. Lantebung, Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Kegiatan pengenalan dan pembelajaran mangrove untuk anak-anak ini didanai oleh Program Aktif Positif dari Yayasan Hadji Kalla. Kegiatan yang dilakukan berupa pembelajaran dan pengenalan tanaman mangrove dan manfaatnya bagi ekosistem wilayah pesisir. Anak-anak di sekitaran wilayah lantebung diajarkan tentang besarnya manfaat tanaman bakau yang setiap hari mereka lihat di sekitar rumah mereka. Dengan melibatkan anak-anak usia dini dalam belajar. Sejak awal dijalankan, sudah ada puluhan anak yang ikut belajar di komunitas ini, sementara untuk para relawannya sendiri, berasal dari kalangan mahasiswa dengan berbagai latar belakang, berjumlah 15 orang.

Komunitas Ocean Trip berharap akan bisa menciptakan generasi berwawasan dan berkesadaran lingkungan. “Di kalangan anak-anak, bagi kita adalah usia yang tepat untuk memberikan pemahaman tentang kelestarian lingkungan, terutama manfaat dari tanaman mangrove ini, kita berharap bahwa di masa yang akan datang, anak-anak Lantebung yang kita bina ini, bisa menjadi generasi yang sadar akan kelestarian lingkungan dan bisa menjaga apa yang diberikan oleh alam untuk mereka”, ujar  Ichsan Ashari Achmad, pendiri Komunitas Ocean Trip Makassar.

Tim Yayasan Hadji Kalla, Kurniawan Jaya yang datang dan menyaksikan langsung kegiatan anak-anak Lantebung belajar, Ia menyampaikan bahwa kegiatan positif seperti ini akan bisa membawa dampak yang positif bagi anak-anak, selain belajar, mereka secara tidak langsung juga ikut menjadi bagian yang terlibat langsung dalam dalam menjaga ekosistem laut.

Ikhsan selaku pendiri dari Komunitas Ocean Trip Makassar menjelaskan bahwa target jangka panjang yang Ia ingin lakukan bersama dengan teman-temannya adalah dengan menciptakan wilayah ekowisata berbasis edukasi untuk semua kalangan di taman Mangrove Lantebung.

(bur)