Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – UKM MAPALA Teknisi Fakultas Tekni Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) baru saja sukses menggelar Pekan Pendidikan Lingkungan Hudup (PPLH) XIV, di Lapangan Desa Bontomanai Kecamatan Rilau Ale’ Kabupaten Bulukumba pada 19 Juli 2022 – 24 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang didukung oleh Yayasan Hadji Kalla melalui program Aktif Positif tahun 2022.  

Andi Mallewai, selaku penanggungjawab dalam program ini menyampaikan bahwa landasan dari kegiatan ini dilaksanakan adalah melihat semakin rendahnya kesadaran terhadap lingkungan di kalangan muda, utamanya para mahasiswa, maka dengan kegiatan Pekan Pendidikan Lingkungan Hudup (PPLH) ini, peserta kegiatan dapat memiliki pemahaman yang lebih luas tentang lingkungan hidup, serta menjadi pelaku sekaligus motivator dalam penerapannya yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kepecintaalaman yang dimulai dari lingkungan sekitar. “Dengan kegiatan ini, kita sebagai mahasiswa bisa menanamkan sikap dasar kepedulian lingkungan hidup pada generasi muda (peserta) dalam rangka melahirkan generasi yang peduli terhadap lingkungan.” Ujarnya.

Kita juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama Yayasan Hadji Kalla yang telah menjadi sponsorship kami.” Lanjutnya.

Andi menjelaskan bahwa kegiatan ini ikuti oleh 25 orang peserta dari dua sekolah. Sekolah yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini adalah SMA 10 Bulukumba dan SMA 12 Bulukumba. Pembukaan kegiatan ini dilakukan pada hari rabu tanggal 20 Juli 2022 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan. Setalah pembukaan, kegiatan kegiatan dilanjutkan Seminar Lingkungan Hidup dengan tema “Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Bingkai Pendidikan Lingkungan Hidup”, yang dibawakan oleh tiga pemateri, yakni Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, serta Ratnawaty Fadilah, S.TP., M.Sc selaku Dewan Penasehat MAPALA Teknisi FT-UNM.

Kegiatan ini direspon baik oleh Pemerintah setempat serta para peserta, karena dengan adanya kegiatan ini peserta akan lebih paham dan sadar akan lingkungan serta pentingnya menjaga lingkungan.

Nasruddin, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup emnyampaikan; “Sangat berterimakasih karna dengan hadirnya kegiatan ini, maka membantu pemerintah memberi pemahaman kepada sekolah-sekolah khususnya SMA/SMK sederajat dalam isu lingkungan.” Jelasnya.

Sementara itu, Kurniawan Jaya selaku Penanggungjawab Program Aktif Positif, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan dari Mapala FT-UNM ini.  Ia berujar bahwa; “Yayasan Hadji Kalla telah banyak mendukung berbagai kegiatan yang bertautan langsung dengan isu lingkungan, termasuk yang dilakukan oleh teman-teman Mapala, semoga kegiatan ini bisa terus ada di tahun-tahun berikutnya.” Ujar Kurniawan Jaya.

Dengan program Bantuan Kegiatan Aktif Positif, Yayasan Hadji Kalla ingin berkontribusi atas terlaksananya kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa, termasuk komunitas serta organisasi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Proses pemberian bantuan ini rutin dilakukan setiap bulan dan telah membantu ratusan kelompok, organisasi dan komunitas di empat wilayah kerja Yayasan Hadji Kalla. Lembaga, Komunitas, dan Organisasi bisa mendaftarkan langsung proposalnya melalui website Yayasan Hadji Kalla di www.yayasanhadjikalla.co.id.

(br)