Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Mengingat pendidikan merupakan pondasi yang sangat penting dalam membangun bangsa dan negara yang berkelanjutan, maka sudah sepantasnya Himpunan Intelektual Muda bisa ikut andil dalam pembangunan pendidikan yang berkelanjutan.

Atas dasar tersebut pula, Himpunan Intelektual Muda Indonesia mengadakan kegiatan yang memiliki manfaat dalam pengembangan pendidikan masyarakat khsusunya masyarakat Sulawesi Selatan. Terciptanya kerja sama yang baik antara pengurus himpunan dan stackholder Sulawesi Selatan juga merupakan salah satu alasan dibuatnyanya kegiatan ini. “Yang pada dasarnya, kegiatan ini bertujuan untuk menjembatani warga negara Indonesia yang ingin memperoleh informasi mengenai beasiswa dalam melanjutkan jenjang pendidikannya dan juga untuk memperlihatkan kepada calon-calon sarjana mengenai pandangan setelah selesai studi serta sebagai sarana antaralumni untuk dapat berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan negara.”, ujar Irsan, ketua panitia Kegiatan SCHOOL OF 2022.

Bekerjasama dengan Yayasan Hadji Kalla, kegiatan ini berhasil menjaring peserta dari berbagai kalangan, mulai dari SMA hingga Mahasiswa. Kegiatan ini sendiri bertemakan SCHOOL OF 2022 yang merupakan kegaitan dari Himpunan Intelektual Muda yang terdiri atas tiga rangkaian kegiatan yaitu Capacity Building (Siduppa Mata), Schotalkship, dan S-Plus. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, yaitu 4 dan 5 Juli 2022 di LT1, Gedung CSA, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Gowa. “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada pihak Yayasan Hadji Kalla atas dukungannya melalui program Aktif Positif untuk kegiatan kami,” lanjut Irsan.

Yang terlibat dalam acara ini adalah tim dari beasiswa LPDP sebagai keynote speaker. Selanjutnya, kegiatan dibuka oleh bapak Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan. Adapun jumlah peserta hari pertama dan kedua secara luring ada sekitar 100 orang dan daring sebanyak 200 orang.

Di antara kegiatan yang terlaksana, ada sesi Schotalkship & S-Plus, di mana para peserta diberikan materi berupa tips dan tricks menulis proposal dan memperoleh supervisor, tips dan tricks lulus tes bakat skolastik beasiswa, tips dan tricks lulus wawancara beasiswa, tips dan tricsk mencari LoA dan kampus tujuan.

“Saat ini, Sulsel telah menyumbangkan kader terbaiknya sebanyak 1.500an alumni yang berhasil menyelesaikan studinya dalam dan luar negeri. Mereka telah tersebar, di mana-mana dalam rangka membangun kontribusi. Lewat kegiatan hari ini, bersama teman-teman Himpunan Intelektual Muda yang didukung oleh Yayasan Hadji Kalla, kaum muda bisa lebih mudah mendapat akses terhadap informasi beasiswa dan berbagai cara menggapai impian yang tepat dan terarah.” jelas bapak Mohammad Kamiluddin, Pelaksana Direktorat Beasiswa LPDP.

“Kegiatan sangat bermanfaat dan banyak pelajaran yang bisa diambil, mungkin sebaiknya juga ada workshop atau pelatihan agar berlangsung lebih lama lagi, sehingga kami bisa lebih banyak belajar untuk merencanakan pendidikan kami dengan lebih matang,” pungkas Moh. Amin, salah seorang peserta.

Sementara itu, Kurniawan Jaya, selaku Penanggung Jawab dalam CSR Program Yayasan Hadji Kalla menjelasakan bahwa menurut laporan yang disampaikan oleh pihak Himpunan Intelektual Muda Indonesia, bahwa penerima manfaat dalam program ini cukup signifikan dan memberikan dampak jangka panjang bagi para pelajar. “Jadi dari yang telah kita lihat di sini hari ini, dan juga laporan dari teman-teman tim HIMI, bahwa penerima manfaat untuk program ini jumlahnya cukup banyak dan tentu bisa berkelanjutan, di mana para peserta bisa banyak belajar tentang prencanaan pendidikan yang baik dan benar.” pungkasnya.

Kurniawan melanjutkan bahwa Yayasan Hadji Kalla melalui Program Aktif Positif selalu siap membantu dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu organisasi, komunitas, lembaga hingga instansi untuk menciptakan berbagai inisiasi kegiatan sosial yang membawa kebermanfaatan, selama hal tersebut untuk kebaikan banyak orang.

(Br)