Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar gelar Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk masyarakat, di Masjid Darum Na’im Kecamatan Manggala, Makassar, 10 Juni 2022. Acara ini merupakan gelaran rutin yang dilaksanakan oleh PMI Kota Makassar yang terdiri dari beberapa item pemeriksaan, seperti pemeriksaan kolesterol, gula darah, asam urat dan tekanan darah. Acara ini merupakan agenda sosial yang rutin dilakukan oleh PMI Kota Makassar, harapannya bahwa dengan memberikan layanan cek kesehatan ini, masyarakat bisa mengetahui berbagai faktor risiko penyakit sehingga dapat mencegah penyakit tersebut dengan melakukan perubahan pola hidup, misalnya mengubah kebiasaan merugikan tubuh dan mungkin juga bantuan obat-obatan.

Dalam pemeriksaan gratis ini tidak ada batasan umur, sehingga semua kalangan masyarakat bisa ikut, mulai dari remaja hingga orang tua dan lansia. Sejak dimulai pada jam 10 pagi tadi, masyarakat terlihat antusias untuk memeriksakan kesehatannya.

Yayasan Hadji Kalla mengambil peran dalam kegiatan ini sebagai sponsorship kegiatan melalui Program Aktif Positif. Program Aktif Positif, Yayasan Hadji Kalla di tahun 2022 mendukung berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas/organisasi hingga lembaga yang punya kegiatan pada isu sosial, kesehatan hingga isu lingkungan. “Melalui dukungan program ini, diharapkan mampu memberi stimulus kepada kelompok organisasi ataupun komunitas untuk ikut berkontribusi dalam banyak hal baik dari pendidikan, lingkungan hingga kemanusiaan. Oleh karena itu, mereka perlu didukung dalam bentuk sponsorship agar niat positif mereka dapat terwujud.” Jelas Kurniawan Jaya, PIC Program Aktif Positif Yayasan Hadji Kalla.

Dengan program Bantuan Kegiatan Aktif Positif, Yayasan Hadji Kalla ingin berkontribusi atas terlaksananya kegiatan positif yang dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa, termasuk komunitas dan organisasi kemasyarakatan di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Proses pemberian bantuan ini rutin dilakukan setiap bulan dan telah membantu ratusan kelompok, organisasi dan komunitas di empat wilayah kerja Yayasan Hadji Kalla.

Kurniawan Jaya, selaku PIC Program Aktif Positif Yayasan Hadji Kalla menjelaskan bahwa dukungan Yayasan Hadji Kalla diberikan kepada PMI Kota Makassar karena melihat isu yang diusung, yakni pemeriksaan kesehatan. “Kita mengapresiasi kegiatan ini, terutama tentang program pemkes gratis untuk masyarakat di Kecamatan Manggala. Saya kira ini adalah hal yang sangat positif yang dilakukan oleh teman-teman PMI dan patut kita bantu. Kita berharap ada semakin banyak organisasi yang melakukan kegiatan yang tidak hanya sekedar berkegiatan namun ada isu besar yang diangkat yang juga tentunya bisa membawa manfaat untuk masyarakat luas”, ungkap Kurniawan.

Anugerah Sofyan, yang mewakili tim PMI Kota Makassar menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Yayasan Hadji Kalla yang telah memberikan dukungan kepada PMI. “Terima kasih kami ucapkan kepada pihak Yayasan Hadji Kalla yang telah mendukung penuh kegiatan kami, hingga hari ini kegiatan kami bisa terlaksana dengan baik. Sebuah kebanggaan juga karena kami bisa menjalin kerjasama dengan Yayasan Hadji Kalla yang selama ini kita kenal memang banyak mendukung kegiatan lembaga di berbagai tempat. Kami berharap bisa terus menjalin kerjasama ini untuk bisa terus berinovasi dan menginisasi kegiatan-kegiatan lain di bidang kesehatan yang tentunya positif dan membawa manfaat untuk banyak orang. Kami juga sampaikan kepada masyarakat, ayo rutin untuk memeriksakan kesehatannya agar kita tau cara-cara tepat dalam menangkal penyakit yang bisa kita alami kapan saja. Untuk teman-teman dari organisasi ataupun komunitas di luar sana yang punya banyak ide dan inisiasi kegiatan kreatif dan inovatif, ayo mendaftar Program Aktif Positif dari Yayasan Hadji Kalla ini. Jika memang apa yang dilakukan bisa membawa manfaat untuk banyak orang pasti kita akan didukung, sekali lagi terima kasih”, tandasnya.

Rosmala, salah seorang peserta dalam kegiatan pemkes gratis ini, berujar bahwa Kegiatan ini sangat bermanfaat, apalagi untuk Ia dan keluarga yang dari kalangan menengah ke bawah di mana akses untuk pemeriksaan kesehatan yang lengkap cukup sulit. “Pemeriksaan kesehatan ini sangat membantu kita ini pak, yang sebenarnya punya banyak keluhan kesehatan. Karena ada pemkes gratis ini kita bisa tau apa-apa yang harus dilakukan untuk cegah penyakit dan hal-hal yang bisa kita hindari, mulai dari makanan dan saran obat-obatan yang tepat”. Pungkasnya.

 (br)