Yayasanhadjikalla.co.id; Mamuju – Yayasan Hadji Kalla turut berkontribusi dalam pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Mamuju, Sulawesi Barat, pada 29-30 Juli 2022. Pada kesempatan tersebut, Yayasan Hadji Kalla diwakili langsung oleh Fasilitator Desa Bangkit Sejahtera Rezky Andayani menjadi pemateri untuk kelompok UMKM di Sulawesi Barat, membagi ilmu tentang pembinaan ekonomi masyarakat melalui produk lokal. Keberlanjutan dari program ini pun akan terus didukung untuk membantu pengembangan UMKM.

Dalam beberapa tahun terakhir, Yayasan Hadji Kalla telah menjalankan berbagai program yang membantu pengembangan UMKM dan melalui momen Gernas BBI ini, diharapkan para pelaku UMKM yang dibantu bisa memanfaatkan momen dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas produknya.

“Selama ini Kalla Group melalui Yayasan Hadji Kalla memang memiliki berbagai program yang membantu pengembangan UMKM. Oleh karena itu, kami berharap mereka bisa memanfaatkan momen Gernas BBI ini dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas produknya. Sehingga, kita bisa bekerjasama dengan mengajak pelaku UMKM di Sulawesi Barat untuk ikut berpartisipasi pada event-event yang digelar Kalla Group nantinya,” Ujar Erny Nurdin, Program Manager Bidang Ekonomi Sosial, Yayasan Hadji Kalla.

Sementara itu, Fasilitator UMKM Yayasan Hadji Kalla (YHK), Rezky Andayani, mengatakan, pengembangan UMKM mesti didukung dengan pengemasan produk yang kreatif. Namun, mereka juga mesti memperhatikan sisi lingkungan.

“Yayasan Hadji Kalla saat ini memang mengampanyekan bagaimana mengemas produk yang kreatif dan ramah lingkungan. Hal ini sangat menjadi perhatian kami melihat limbah plastik yang semakin meningkat dan menjadi penyumbang terbesar jumlah sampah nasional,” kata Rezky.

Selain itu, YHK juga mendorong pelaku UMKM untuk menciptakan eco-product yang berbahan dasar limbah alam. Sudah banyak contoh yang bisa ditemui, mulai dari gelas yang terbuat dari bambu dan batok kelapa hingga wadah pengganti kantong plastik yang terbuat dari daun lontar.

(br)