Yayasanhadjikalla.co.id; Makassar – Yayasan Hadji Kalla hadiri pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan III Tahun 2021 (2/9/2021). Dihadiri langsung oleh Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair. Pada momen tersebut juga ditanda tangani perjanjian kerjasama antara Yayasan Hadji Kalla dan juga BLK Makassar dalam berbagai sinergi pelatihan yang akan diberikan untuk masyarakat luas yang akan menyasar kelompok seperti disabilitas, yatim piatu dan juga mahasiswa.

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan III Tahun 2021 dilakukan di Aula Syech Yusuf, BLK Makassar Jalan Taman Makam Pahlawan, Kamis (2/9/2021). Kepala BLK Makassar, Fitroh Hanrahmawan mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi bagi calon tenaga kerja adalah program prioritas.Bertujuan untuk membentuk sikap mental dan karakter peserta pelatihan dalam menghadapi persaingan global, juga meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kejuruan.

Lewat pelatihan ini nantinya dapat mengisi kebutuhan akan tenaga kerja kompeten. Baik di dunia usaha dan dunia industri, serta mendorong minat masyarakat untuk dapat berwirausaha secara mandiri.

“Program pelatihan ini sebagai wujud peran serta BLK Makassar dalam pemulihan ekonomi dan mengurangi pengangguran dengan memberikan skill kepada pesertanya, serta mendukung program Walikota Makassar untuk 10.000 skill training gratis sampai dengan angkatan III,” ucap Fitroh.

Adapun jumlah peserta pelatihan berbasis kompetensi institusional BLK Makassar, kata Fitroh, sebanyak 1.152 orang,

“Dari jumlah tersebut sebanyak 632 orang merupakan peserta pelatihan yang berdomisili Kota Makassar dan sebelum mengikuti pelatihan ini, seluruh peserta telah di-swab antigen,” terang Fitroh.

Diketahui, pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Kepala Staf Divisi 3 Infanteri/Kostrad, Brigadir Jenderal TNI Refrizal. Hadir juga Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulsel Nielma Palamba, dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kab Enrekang.

Wakil Wali kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberi apresiasi kepada Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar yang menggelar pelatihan berbasis kompetensi angkatan III 2021. Hal tersebut diutarakan Fatmawati saat membuka secara resmi pelatihan kompetensi di Aula Syekh Yusuf BLK Makassar, Jalan Taman Makam Pahlawan, Kamis (2/9/2021).

“Langkah BLK Makassar menggelar pelatihan ini tentunya selaras dengan upaya Pemkot Makassar untuk meningkatkan kompetensi dan sertifikasi agar dapat menghadapi persaingan secara global,” ucap Fatma.

Fatmawati mengatakan, pelatihan ini sangat menunjang program-program prioritas Pemerintah Kota Makassar yang tertuang dalam RPJMD Kota Makassar 2021–2026. “Dalam RPJMD Pemkot Makassar, tahun 2021-2026 di dalamnya tertuang program 10.000 skill training gratis untuk mendukung program penyediaan 100.000 peluang kerja dan peluang bisnis baru bagi warganya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Fatma menyaksikan pula penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, antara BLK Makassar bersama Panglima Divisi ll Infantri Kostrad, Yayasan Hadji Kalla, serta Baznas Kabupaten Enrekang.

Yayasan Hadji Kalla sendiri rencananya akan menjadi lembaga perpanjangan tangan dari BLK untuk menjangkau kelompok Disabilitas, Yatim Piatu dan juga Dhuafa agar bisa mendapatkan pelatihan guna meningkatkan kemampuan kerja di masa depan.

(Br)