YayasanHadjiKalla.co.id – Pemuda adalah potensi besar dalam mengembangkan kemandirian masyarakat, baik itu di desa maupun kota. Kelurahan Panambungan sebagai lokasi binaan yayasan hadji kalla tercatat sekitar 60% pemuda yang menganggur. Faktor utama pemuda panambungan menganggur karena tidak adanya strata pendidikan dan ekonomi keluarga yang rendah, tutur Arman selaku sarjana pendamping Kota Kampung Kita (K3) wilayah Panambungan.

Tim K3 mengajak pemuda bisa produktif dengan menginisiasi pembentukan lembaga ekonomi KUBE (Kelompok Usaha Bersama) untuk mengurangi angka pengangguran terutamanya di kalangan pemuda. Usaha kreatif yang dibentuk adalah KUBE cuci motor dan bengkel binaan yayasan hadji kalla.

Usaha yang dijalankan adalah hasil diskusi dari pengurus KUBE yang telah dibentuk. Dengan melibatkan lima pemuda Panambungan, usaha yang berlokasi di RW 7 Panambungan diharapkan bisa berguna bagi masyarakat setempat.

Peresmian dan pembukaan usaha cuci motor dan bengkel binaan Yayasan Hadji Kalla dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2016. Heryanto selaku supervisor sarjana pendamping di Kelurahan Panambungan membuka acara dengan memberikan arahan kepada para anggota kelompok usaha cuci motor. Kemudian peresmian dilakukan dengan menempelkan stiker yayasan hadji kalla.

Ade seorang pemuda yang terpilih menjadi ketua pengurus KUBE berterima kasih kepada tim K3 Yayasan Hadji Kalla atas perhatian dan kepeduliaannya mengajak pemuda untuk lebih aktif dan tidak patah semangat dalam menghadapi masalah hidup. Kedepannya, pemuda dapat memberdayakan dirinya dan memiliki kesibukan agar terhindar dari kenakalan remaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + one =